Current Articles | Categories | Search | Syndication

SERTIJAB KOMANDAN LANTAMAL IX AMBON DAN KOMANDAN LANTAMAL X JAYAPURA

  
     Dalam rangka pelaksanaan Serah Terima Jabatan Komandan Lantamal IX Ambon dari Laksamana Pertama TNI Rahardjo Dwi Prihanggono,S.H., kepada Kolonel Laut (P) Aan Kurnia S.Sos dan Komandan Lantamal X Jayapura dari Laksamana Pertama TNI FX Agus Susilo, S.E, M.M. kepada Laksamana Pertama TNI I. G. Putu Wijamahadi, S.H. Upacara dilaksanakan di Marshaling Area Lantamal IX dengan dihadiri oleh Komandan Lantamal dijajaran Koarmatim,.Gubernur Maluku, Pangdam XVI/PTM, Kapolda Maluku, Kasdam XVI/PTM, Danlanud Pattimura, Kajati Maluku, Para Asisten Danlantamal IX, Komandan Satuan TNI – Polri serta Muspida dan tamu undangan.
    
     Pada upacara Serah Terima jabatan Komandan Lantamal IX Ambon dan Komandan Lantamal X Jayapura bertindak sebagai Inspektur Upacara Panglima Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum. Dalam amanat Pangarmatim menyampaikan bahwa Serah Terima Jabatan merupakan bagian dari pembinaan personil sekaligus kesempatan dan peluang bagi para Perwira untuk mengembangkan karir dan mengaktualisasikan kemampuan konseptualnya guna mewujudkan kinerja organisasi yang lebih baik. Dengan Sertijab, diharapkan dapat menciptakan pembaharuan semangat dan penyegaran pemikiran guna terus meningkatkan kualitas kinerja. Koarmatim sebagai Kotama pembinaan dan operasional dituntut untuk mampu membina kemampuan dan kekuatan organisasi di jajarannya. Termasuk di dalamnya pembinaan terhadap jajaran Komando pelaksana operasi, komando pelaksana pembinaan, komando pelaksana dukungan. Terkait dengan tugas Koarmatim kedepan yang semakin berat dan kompleks, Maka Lantamal memiliki peran yang sangat strategis dan memiliki peran yang sangat penting di dalam pencapaian tugas Koarmatim maupun TNI Angkatan Laut secara keseluruhan.

     Fungsi pangkalan sebagai tempat Pemangkalan, Pembekalan dan penyelenggaraan pemeliharaan dan perbaikan unsurr – unsur operasional TNI Angkatan Laut serta perawatan personil atau dikenal dengan fungsi 4R yaitu Rebase, Replenishment, Repair, Rest dan Recreation harus terus di tingkatkan kemampuannya. Di samping itu Lantamal juga memiliki peran yang sangat penting guna mengembangkan Potensi Maritim menjadi kekuatan pertahanan Negara di laut. Lantamal IX maupun Lantamal X memiliki tugas dan tanggungjawab yang sangat luas dan berat, dihadapkan dengan kondisi wilayah geografisnya yang sangat strategis.
     Pada akhir amanat Pangarmatim Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum menyampaikan penekanan untuk dijadikan pedoman dalam melaksanakan tugas, yaitu : Pertama, Pelihara jati diri prajurit dengan berpegang teguh pada nilai – nilai luhur Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI Angkatan Laut sebagai tradisi terbaik, meliputi Disiplin, Hirarki dan Kehormatan Militer. Kedua, Tingkatkan kemampuan dan kekuatan pertahanan keamanan Negara dari berbagai ancaman, gangguan dan hambatan dalam rangka menegakkan kedaulatan dan hukum di laut Yurisdiksi Nasional. Ketiga, tingkatkan profesionalisme sebagai prajurit matra laut, utamanya dalam penguasaan dan pemahaman hukum bidang Maritim baik Nasional maupun Internasional.
    Keempat, ciptakan ide – ide baru sehingga tidak terjebak pada rutinitas, karna hanya dengan terobosan – terobosan yang positif. Kelima, jaga netralitas di tengah dinamika politik daerah dan tingkatkan serta mantabkan koordinasi antar kesatuan baik dengan TNI, Polri maupun instuti yang lain, dalam rangka menjaga dan mengamankan kedaulatan wilayah NKRI. Setelah melaksanakan Upacara Serah Terima Jabatan, Pangarmatim menuju Gedung Fasharkan Lantamal IX untuk mengikuti acara ramah tamah dan Pengarahan kepada seluruh Personel Lantamal IX dan Personel Lantamal X Jayapura. Diharapkan pesan dan arahan Pangarmatim, dapat dilaksanakan dengan baik sehingga kedepan TNI Angkatan Laut khususnya Lantamal IX Ambon dan Lantamal X Jayapura akan semakin maju.
(DISPEN LANTAMAL IX)

posted @ Friday, August 3, 2012 3:26 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page