Current Articles | Categories | Search | Syndication

142 MAHASISWA S1 KEPERAWATAN STIKes MALUKU HUSADA KEMBALI TERIMA LATIHAN EVAKUASI MEDIS LAUT

      
 

Sebanyak 142 Mahasiswa S1 Keperawatan Stikes Maluku Husada Masohi menerima latihan Evakuasi Medis Laut (EML) oleh Tim Evakuasi Medis Laut Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (Rumkital) dr. F. X. Suhardjo Lantamal IX, kegiatan dilaksanakan di laut belakang Gedung Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) Lantamal IX Ambon. Rabu, (31/01/2018).

Dalam pengarahan Kepala Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (Karumkital) dr. F. X. Suhardjo Lantamal IX Letkol Laut (K) Ali Setiawan, Sp.B., menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakan latihan EML adalah untuk menyelamatkan korban tenggelam di laut dan perlu diadakan pemindahan (evakuasi) ke tempat yang lebih aman dari zona berbahaya, agar korban mendapatkan perawatan, pengobatan awal maupun lanjutan.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini, walupun medan di laut ombaknya cukup besar, namun tidak menyurutkan semangat mahasiswa untuk melaksanakan praktek EML dengan baik.” Ujar, Karumkital.

Sebelum melaksanakan praktek lapangan terlebih dahulu Tim Evakuasi Medis Laut Rumkital dr. F. X. Suhardjo Lantamal IX memberikan materi pengenalan peralatan yang digunakan untuk evakuasi korban di tengah laut (tandu air) dan penjelasan materi evakuasi medis laut dengan kategori perorangan dan kelompok. Selain itu sebelumya seluruh mahasiswa juga dikenalkan Chamber Hiperbarik Oksigen yang digunakan untuk penanganan korban tenggelam.

Diharapkan dengan dilaksanakan latihan ini, mahasiswa bisa mengetahui sekaligus mengaplikasikan ilmu EML dalam pertongan korban yang sesungguhnya serta menjadikan mahasiswa yang profesional dimana memiliki wawasan kebaharian yang produktif, kreatif dan inovatif. (DISPEN LANTAMAL IX).

posted @ Thursday, February 22, 2018 10:37 PM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page