Current Articles | Categories | Search | Syndication

JABATAN DANSATROL LANTAMAL IX DISERAH TERIMAKAN

     

 
 

Jabatan Komandan Satuan Kapal Patroli (Dansatrol) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon diserah terimakan dalam prosesi Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang pimpin Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang.

Digelar di Gedung DR. J. Leimena Lantamal IX, Upacara Sertijab Dansatrol Lantamal IX dari Kolonel Laut (P) Wawan Tri Satria Atmaja kepada Letkol Laut (P) Bambang Wasito, S.E., yang berjalan khidmad itu diikuti oleh personel militer Lantamal IX dan Yonmarhanlan IX serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lantamal IX. (28/06/2018).

Pelaksanaan upacara, diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah/janji jabatan, pelepasan dan pemasangan tanda jabatan, penyerahan Duaja Satrol Lantamal IX dan laporan resmi serah terima Jabatan.

Komandan Lantamal IX selaku Inspektur Upacara (Irup) pada sambutannya mengatakan serah terima jabatan pada hakekatnya merupakan hal yang tidak terhindarkan dalam tubuh sebuah organisasi yang sehat dan selalu bergerak dalam ritual yang dinamis. Hal ini diperlukan guna kaderisasi dan keberlanjutan kepemimpinan dalam tubuh organisasi tersebut.

Dihadapkan kepada perkembangan lingkungan yang sangat dinamis, maka tugas-tugas yang di emban TNI AL akan semakin berat dan kompleks. Hal tersebut membutuhkan suatu organisasi yang mampu merespon dan mengantisipasi setiap perkembangan yang terjadi, agar tugas-tugas yang diemban dapat dilaksanakan secara optimal. Untuk mewujudkan organisasi yang demikian, mutlak diperlukan pengawak organisasi yang berkualitas, khususnya pada jabatan-jabatan strategis.

“Dengan demikian, serah terima jabatan yang kita selenggarakan pada hari ini, diharapkan dapat membawa semangat baru dalam lingkungan organisasi dan langkah-langkah terobosan nyata, sehingga keluaran yang dihasilkan TNI Angkatan Laut secara menyeluruh akan semakin berkualitas”, ujar Danlantamal IX.

Lebih lanjut dijelaskan, Jabatan Dansatrol Lantamal IX adalah jabatan yang sangat strategik dalam pembinaan dan penegakan hukum di laut. Tugas dan tanggung jawab Komandan Satuan Kapal Patroli tidak semata dilihat dari kacamata hukum, aturan atau kebiasaan yang berlaku, tetapi lebih dari itu laut harus bebas dari ancaman kekerasan dan ancaman navigasi, baik terhadap sumber daya laut maupun ancaman pelanggaran hukum.

Pada kesempatan itu, Danlantamal IX menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kolonel Laut (P) Wawan Tri Satria Atmaja atas pengabdian yang telah disumbangkan kepada Lantamal IX selama menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Patroli Lantamal IX.

“Saya percaya bahwa dengan pengalaman penugasan yang saudara peroleh selama ini dapat dijadikan bekal dalam melaksanakan tugas dan pengabdian terbaik di tempat yang baru sebagai Komandan Satkat Koarmada II”, ucapnya.

Selain itu, Kepada Letkol Laut (P) Bambang Wasito, S.E., Danlantamal IX juga menyampaikan ucapan selamat atas jabatan yang baru sebagai Dansatrol Lantamal IX. “Jabatan yang diemban pada hakekatnya merupakan amanah sekaligus penghargaan dan kepercayaan yang diberikan pimpinan TNI Angkatan Laut atas prestasi, dedikasi dan loyalitas yang telah saudara tunjukkan”, sambungnya.

Usai Upacara Sertijab, dilaksanakan acara pisah kenal yang dihadiri oleh Wadan Lantamal IX Kolonel Marinir Supriyono, Para Asisten Danlantamal IX, Para Kadis/Kasatker Lantamal IX dan Komunitas Maritim yang berada di Wilayah Kota Ambon. (DISPEN LANTAMAL IX).

posted @ Friday, June 29, 2018 5:43 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page