Current Articles | Categories | Search | Syndication

UNIVERSITAS HEIN NAMOTEMO TOBELO TERIMA MATERI KESEHATAN BAHARI

     
      Tim Evakuasi Medis Laut (EML) Lantamal IX Ambon erikan materi Kesehatan Bahari (Hipebarik, Ruang Udara Bertekanan Tinggi, keselamatan penyelaman) kepada Mahasiswa Program Studi Keperawatan Fakultas Sains, Teknologi, Ksehatan Universitas Hein Namotemo Tobelo Halmahera Utara.Penyampaian Materi oleh Koordinator Tim EML Lettu Laut (K) Agus Wijaya bertempat di Aula Universitas Hein Namtemo, yang sebelumnya telah dilaksanakan pembukaan Peltihan Evakuasi Medis Laut oleh Kepala Rektor Universitas Hein Namotemo Marthen D. Boediman, M.Th.. Senin, (17/09/2018).

    Dalam materinya Koordinator Tim EML menyampaikan tentang Hiperbarik yang merupakan terapi pengobatan menggabungkan oksigen urni dan tekanan udara 1 (ata) di dalam ruang uadar bertekanan tinggi (RUBT) atau Hiperbaric Chamber.

     Berbeda dengan oksigen biasa yang diangkut darah, oksigen bertekanan tinggi mudah larut ke seluruh jaringan tubuh yang ada cairan, daridarah, sistem getah bening, saraf, hingga tulang. Semakin banyak oksigen terserap, akan semakin baik bagi kemandirian tubuh dalam memperbaiki jaringan yang rusak.

    Manfaat dari terapi Hiperbarik bisa menyembuhkan luka dan masalah bedah plastik misalnya luka diabetik (ulkus Dianetik), jaringan lunak yang mengalami nekrosis dan infeksi, luka bakar, masalah trauma dan bedah tulang, masalah gangguan pendengaran.

    Lanjut dijelaskan tentang kesehatan kapal atas air, cara bertahan di laut dengan mengapung (Uitemate) serta pentingnya kesehatan penyelaman yakni meliputi memperhatikan prosedur peyelaman faktor - faktor yang memperberat resiko penyelaman, peran perawat dalam kesehatan penyelaman, pertolongan pertama pada pertoongan korban tenggelam, resusitasi jantung.

    Rencananya kegiatan dilaksanakan selama 3 hari mulai dari tangal 17 - 20 September 2018, pada hari berikutnya mahasiswa akan memperoleh pelajaran praktek tentang Evakuasi Medis Laut yang bertujuan untuk penyelamatan kecelakaan di laut maupun korban tenggelam, dimana saat itu perlu adanya evakuasi ke tempat aman.

   Kegiatan pelatihan ini sejalan dengan visi dan misi Lantamal IX dengan Universitas Hein Namotemo yakni untuk memajukan tingkat kesehatan masyarakat di Kepulauan Maluku serta mewujudkan Mahasiswa kesehatan yang berwawasan kebaharian. (DISPEN LANTAMAL IX) 

posted @ Tuesday, September 18, 2018 4:22 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page