Current Articles | Categories | Search | Syndication

LANTAMAL IX AMBON MELAKSANAKAN UJI TERAMPIL GLAGASPUR PANGKALAN (P1 DAN P2)

 

Dalam rangka melaksanakan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan TNI Angkatan Laut Tahun 2012, Senin (14/05) bertempat di Mako Lantamal IX Ambon dilaksanakan Uji Termpil Glagaspur pangkalan (P1 dan P 2). Tim Uji terampil dari Kolatarmatim dipimpin oleh Letkol Laut (P) Efendi B. Adapun jenis kegiatan Uji Terampil yang dilaksanakan yaitu melaksanakan peran tempur P1-P2 seperti pertahanan pangkalan, peran penanggulangan kebakaran, peran anti sabotase dan teror, bongkar pasang senjata (laras panjang dan pendek), Bendera semaphore, menembak Pistol dan SS1, renang militer (bersenjata), jajar kehormatan (Valrib), PBB bersenjata, Pengendalian Huru Hara (Dalhura), tali temali dan peluit.

Tujuan dari kegiatan Uji terampil di Lantamal IX yaitu untuk melatih kesiapsiagaan  pangkalan serta personel Lantamal IX dalam menghadapi bahaya serta ancaman dan memberikan penyegaran kembali terhadap seluruh prajurit di lingkungan TNI Angkatan Laut. Walaupun dalam situasi keadaan aman, kecakapan setiap prajurit dituntut untuk selalu siap dan waspada terhadap ancaman baik yang datang dari dalam maupun luar.

Prajurit Yonmarhanalan IX yang terlibat dalam Pasukan Pengendalian Huru Hara (Dalhura), ketika melaksanakan simulasi untuk mengatasi para pendemo yang datang di Lantamal IX pendemo bersikap anarkis melawan petugas. Akibat dari sikap para pendemo tim Dalhura melakukan perlawanan dengan memukul mundur para pendemo. Ketika pelaksanakan latihan, Tim Dalhura dari Yomarhanlan IX, melaksanakan simulasi penangkapan terhadap salah satu pendemo yang diduga sebagai otak dan profokator. Setelah penangkapan para pendemo segera mundur dan langsung membubarkan diri. Diharapkan dengan pelaksanaan latihan yang telah dilaksanakan seluruh personel Lantamal IX dan Yonmarhanlan IX Ambon, dalam melaksanakan tugas dimanapun berada dapat terus melatih kesiapsiagaan dan selalu waspada sehingga keselamatan personel dan material dapat dipertahankan dengan baik.

Tim dari Kolatarmatim, setelah pelaksanaan seluruh latihan mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerjasama sehingga pelaksanaan dapat berjalan dengan baik. Selain itu disampaikan persamaan konsepi sesuai dengan petunjuk dan pelaksanaan (Juklak) dari TNI Angkatan Laut, sehingga seluruh prajurit dilingkungan Lantamal IX akan selalu mengikuti dan menerapkan perkembangan peraturan yang terbaru, sebagai dasar melaksanakan tugas dan pekerjaan dimanapun berada dan bertugas. (DISPEN LANTAMAL IX)

posted @ Friday, September 21, 2012 4:57 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page