Current Articles | Categories | Search | Syndication

PERINGATAN HARI PAHLAWAN NASIONAL KAPITAN PATTIMURA KE – 195

  
 

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional ke – 195, Selasa (15/05) dilaksanakan upacara peringatan di taman Pattimura Park Ambon. Dalam upacara tersebut bertindak sebagai inspektur upacara Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu dengan peserta upacara dari pasukan TNI – Polri serta para tamu dan undangan.

Tema peringatan hari Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura tahun 2012 yaitu “ Dengan jiwa dan semangat perjuangan Pahlawan Nasional Pattimura kita tingkatkan Persatuan dan Kesatuan orang Basudara, demi terciptanya keamanan menyongsong penyelenggaraan MTQ Nasional XXIV di Maluku”.

Peringatan Hari Pahlawan Nasional diawali dengan penyalahan obor induk oleh Gubernur Maluku. Selanjutnya dilaksanakan upacara serta pembacaan sejarah perjuangan Kapitan Pattimura pada saat melawan penjajah di Maluku.   

Dalam Sambutan Gubernur Maluku mengajak untuk melakukan pembaharuan pada diri pribadi, keluarga dan lingkungan masyarakat dimana kita berada, guna mengimplementasikan semangat nilai kepahlawanan yang telah ditunjukan Kapitan Pattimura disaat mempertahankan persatuan dan kesatuan demi memperoleh kedaulatan tanah pusaka dari ancaman pihak luar.

Semangat dan nilai luhur perjuangan pahlawan Pattimura seperti rela berkorban, pantang menyerah, percaya pada kemampuan diri sendiri dan suka menolong hendaknya dapat menggugah hati dan tekat kita untuk memperkokoh dan meningkatkan rasa kebersamaan dan kerukunan ditengah-tengah tanggung jawab besar yang dipercayakan Negara kepada kita di Maluku.

Menyatunya rasa kebangsaan, nasionalisme dan keindonesiaan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika akan menumbuhkan semangat dan tekad sejati seluruh elemen masyarakat untuk menjaga dan mewujudkan terciptanya stabilitas keamanan dan ketertiban umum sebelum, pada saat dan sesudah pelaksanaan MTQ Nasional XXIV tanggal 8 Juni 2012.

Dengan kobaran Api Obor Pattimura, Gubernur Maluku berharap bukan saja kita berjanji, tetapi kita bertekat untuk bersatu padu membangun rasa persatuan dan kesatuan yang kokoh, melawan segala bentuk anarkisme dan upaya adu domba serta perpecahan diantara orang basudara, untuk menuju pada jalinan kebersamaan dan kerukunan hidup rakyat Maluku.

Pada akhir upacara dilaksanakan doa bersama khususnya untuk memperingati hari Pahlawan Nasional tahun 2012 di Maluku. Dimana banyak perjuangan yang telah diberikan oleh Kapitan Pattimura untuk mempertahankan serta berjuang sampai rela mati demi mempertahankan tanah air NKRI.

Upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional ke – 195 dihadiri oleh Pangdam XVI/PTM, Wakil Gubernur Maluku, Kapolda Maluku, Walikota Ambon, Para pejabat TNI – Polri, Pimpinan SKPD Prov. Maluku, Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Marinir Bambang Hillianto, Asintel Danlantamal IX Kolonel Laut (P) Arif Sumartono, Aslog Danlantamal IX Kolonel Laut (T) Didik Joko Sukmono, Asrena Danlantamal IX Letkol Laut (S) Sigit Agung Wibowo, S.E., Para Komandan Satuan TNI – Polri, Pimpinan SKPD Prov. Maluku serta pasukan upacara dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU serta paduan suara dari Universitas Pattimura Ambon. (DISPEN LANTAMAL IX)

posted @ Tuesday, September 25, 2012 12:36 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page