Current Articles | Categories | Search | Syndication

KUNJUNGAN KERJA KASETUMAL DALAM RANGKA PEMBEKALAN MINU TNI DI LANTAMAL IX AMBON

 

Kepala Sekretariat Umum Angkatan Laut Kolonel Laut (S) Teguh Widodo, M.Si Rabu (16/05) menghadiri Pembinaan Administrasi Umum (MINU) TNI tahun 2012 di Lantamal IX Ambon. Dalam kegiatan tersebut, dihadiri oleh Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Marinir Bambang Hillianto, Asrena Danlantamal IX Letkol Laut (S) Sigit Agung Wibowo, S.E., Para Kadis / Kasatker dijajaran Lantamal IX serta para peserta dari Satker maupun Lanal – Lanal dibawah jajaran Lantamal IX Ambon.

Dalam Sambutan Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Rahardjo Dwi Prihanggono, S.H., yang disampaikan oleh Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Marinir Bambang Hillianto menyampaikan bahwa Pembinaan Administrasi Umum yang didalamnya menyangkut tentang tata usaha, pengarsipan dan penggunaan kata sesuai ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan (EYD) tentunya harus diatur sedemikian rupa agar setiap personel yang ditugaskan dibagian tersebut maupun personel yang menggunakannya dapat melaksanakan tugas sesuai dengan kebutuhan. Pembinaan dan pengolaan administrasi yang baik, tentunya akan memberikan informasi yang berkualitas serta berdampak kepada penggunaan untuk lebih terpacu serta bersemangat dalam memproses dokumen yang dikehendakinya. Untuk itu, pengolaan administrasi harus aplikatif agar bisa dilakukan oleh pegawai dalam berbagai level struktur oraganisasi dikantor, karena itu akan sangat berpengaruh terhadap proses kerja.

Dalam sambutan Kasetumal menyampaikan kepada para peserta agar melaksanakan pengecekan MIMU TNI di lingkungan TNI Angkatan Laut. Adapun hasil pada saat pemeriksaan Wasrik banyak menemukan masalah mengenai MINU TNI, masalah tersebut muncul akibat belum adanya kemampuan pengolaan dan ketakutan untuk melaksanakan pemusnahan terhadap arsip.

Lantamal IX merupakan tempat ke - 4 yang dikunjungi oleh tim dari Setumal untuk menyampaikan mengenai MINU yang benar yang harus digunakan. Tujuan dilaksanakan pembekalan MINU dijajaran Lantamal IX selain untuk menambah wawasan bagi personel maupun PNS juga sebagai penyegaran kembali bagi. Untuk arsip yang tersimpan di Lantamal IX, harus sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga membutuhkan aturan-aturan sebagai dasar untuk digunakan. Adapun dijelaskan oleh Kasetumal bahwa arsip yang ada memiliki nilai selama 5 tahun, 10 tahun maupun  arsip yang bersifat Abadi. Para peserta juga diberikan folmulir Multiple Choice atau Pre Test untuk diisi oleh peserta, tujuan pengisian folmulir tersebut untuk mengukur kemampuan tiap-tiap peserta mengenai pengetahuan MINU TNI yang benar ketika diberikan pembekalan tentang MINU dari Tim Setumal.

Dalam pembekalan MINU TNI yang disampaikan oleh Kabag Minu Setumal Letkol Laut (KH) Drs. Asep Priji Y.D menyampikan mengenai Surat Edaran (SE) yaitu tulisan dinas yang memuat pemberitahuan atau penjelasan tentang tata cara yang  berlaku  yang perlu diperhatikan berdasarkan kebijakan pelaksanaan. Sedangkan untuk Nota Dinas merupakan bentuk tulisan dinas yang muat pemberitahuan, pernyataan, per-mintaan dari pejabat kepada pejabat lain secara terbatas di dalam lingkungan Satminkal sendiri. Dengan diadakannya Pembekalan MINU TNI di Lantamal IX beserta jajarannya, diharapkan pelaksaanaan administrasi umum yang benar dapat digunakan dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku. (DISPEN LANTAMAL IX)

posted @ Tuesday, September 25, 2012 12:54 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page