Current Articles | Categories | Search | Syndication

LANTAMAL IX MELAKSANAKAN RAT LAPORAN PERKEMBANGAN PRIMKOPAL RUMKITAL AMBON TAHUN BUKU 2011

 

      Pelaksanaan RAT (Rapat Anggota Tahunan) merupakan cermin dari akuntability dan transparansi pengelolaan sebuah koperasi, Kamis (12/04) Seluruh personil Lantamal IX menghadiri rapat yang dilaksanakan di gedung manggala loka. Hadir dalam rapat tersebut Asintel Danlantamal IX Kolonel Laut (P) Arif Sumartono, Asrena Danlantamal IX Letkol Laut (S) Sigit Agung Wibowo, S.E, Paban Matbek Slog Lantamal IX Letkol Laut (T) Danang Hermawan, S. S.M, Karumkit Lantamal IX Mayor Laut (K) dr. I Gede Eka Yudiasa, dan para Kadis/Kasatker di jajaran Lantamal IX. Dalam pelaksanaan rapat ini membahas mengenai perkembangan keanggotaan, bidang usaha dan permodalan Primkopal Rumkital Ambon tahun buku 2011.

 Koperasi merupakan salah satu bentuk organisasi ekonomi yang di pilih oleh sebagian masyarakat dalam rangka meningkatkan kemajuan ekonomi (rumah tangga) serta kesejahteraan hidupnya. Sebuah koperasi di katakan berhasil atau sukses jika mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

            Untuk memahami bentuk – bentuk manfaat ekonomi harus di dasarkan pada masing – masing jenis koperasi berdasarkan pada kepentingan anggotanya, yaitu koperasi konsumen, koperasi produsen, dan koperasi simpan pinjam. Oleh karena itu mengukur keberhasilan koperasi tidak hanya di lihat dari sisi kemampuan koperasi dalam menghasilkan SHU, tetapi yang utama harus di lihat dari kemampuan dalam mempromosikan ekonomi anggotanya.

Promosi ekonomi anggota (PEA) merupakan istilah yang di gunakan dalam pernyataan standar akuntansi koperasi (PSAK) No. 27 tahun 1999 yang di keluarkan oleh ikatan akuntansi Indonesia (IAI). Dalam pernyataan tersebut di sebutkan bahwa promosi ekonomi anggota adalah peningkatan pelayanan koperasi kepada anggotanya dalam bentuk manfaat ekonomi yang di perolah sebagai anggota koperasi (PSAK NBo. 27, tahun 1999, paragraf 34) yang antara lain menyebutkan bahwa koperasi bertugas untuk menghasilkan manfaat ekonomi dalam menunjang peningkatan kegiatan ekonomi anggota dimana ini tentunya sejalan dengan amanat UU 25 tahun 1992. Untuk itu di harapkan para personel Lantamal IX dapat mendukung hasil yang maksimal dengan memaksimalkan produksi yang dihasilkan oleh koperasi.  (DISPEN LANTAMAL IX).

posted @ Wednesday, September 26, 2012 1:53 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page