Current Articles | Categories | Search | Syndication

LANTAMAL IX MELAKSANAKAN UPACARA BENDERA TUJUHBELASAN BULAN APRIL 2012

 

Tepat tanggal 17 April 2012, Lantamal IX telah melaksanakan upacara bendera yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Lantamal IX. Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Rahardjo Dwi Prihanggono, S.H. Upacara tersebut juga di hadiri Wadan Lantamal IX Kolonel Marinir Bambang Hullianto, Asintel Danlantamal IX Kolonel Laut (P) Arif Sumartono, Asops Danlantamal IX Kolonel Laut (P) Nanang Eko Ismurdianto, Aslog Danlantamal IX Kolonel Laut (T) Didik Joko Sukmono, dan Asrena Danlantamal IX Letkol Laut (S) Sigit Agung Wibowo, S.E, serta Kadis dan Kasatker di jajaran Lanatamal IX.

 Dalam upacara bendera tujuhbelasan Komandan Lantamal IX memimpin pembacaan teks Pancasila yang diikuti seluruh peserta upacara. Perwakilan Prajurit dan PNS Lantamal IX dalam kesempatan tersebut tampil kedepan untuk membacakan Teks UUD 1945, melaksanakan pengucapan Sapta Marga serta membacakan Panca Prasetya Korpri. Dalam amanat Panglima TNI yang dibacakan Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Rahardjo Dwi Prihanggono, S.H, disampaikan bahwa maraknya aksi unjuk rasa yang di lakukan berbagai elemen masyarakat di beberapa kota besar di Indonesia, yang menolak rencana pemerintah untuk mengurangi subsidi harga BBM. Rencana tersebut di dasari pertimbangan semakin tingginya disparitas harga BBM dunia di hadapkan dengan harga BBM nasional yang berlaku saat ini, sehingga besarnya subsidi yang di berikan bertujuan untuk menekan harga BBM.

Dalam amanat tersebut juga membahas tentang gempa bumi yang terjadi di kepulauan Sumatera khususnya di wilayah barat Nangroe Aceh Darusalam pada tanggal 11 April 2012 dengan kekuatan gempa, 8,5 skala richter. Gempa ini tidak berpotensi Tsunami, namun kejadian ini semakin meyakinkan kita bahwa sebagian besar wilayah ini berada pada lempengan – lempengan bumi yang sangat rawan terhadap bencana alam khususnya gempa bumi. Panglima TNI menyampaikan beberapa atensi dan harapan sebagai pegangan dalam mengemban tugas ke depan, sebagai berikut :

Pertama : Tingkatkan terus kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral.

Kedua : Khusus pada para Perwira hendaknya senantiasa mendalami dan memahami serta menghayati esensi yang di amanatkan oleh undnag – undang RI No 34 tahun 2004.

Ketiga : Senatiasa meningkatkan pemahaman jati diri Prajurit TNI.

Keempat : Optimalkan kemampuan analisis terhadap setiap perkembangan lingkungan strategis berikut segala dampak dan kecenderungannya, sehingga TNI selalu siap dengan langkah – langkah antisipatif dan kreatif.

Kelima : Tingkatkan kewaspadaan terhadap setiap upaya yang ingin melemahkan dan mengganggu stabilitas Nasional.

Para prajurit TNI di harapkan dapat melaksanakan tugas kedepan agar lebih baik, serta melaksanakan seluruh tugas yang diemban dengan penuh rasa tanggung jawab dan rasa bangga kepada TNI, Bangsa dan Negara Indonesia. (DISPEN LANTAMAL IX)

 

posted @ Wednesday, September 26, 2012 4:35 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page