Current Articles | Categories | Search | Syndication

HUT TNI KE – 67 WILAYAH MALUKU DI PUSATKAN DI LANTAMAL IX AMBON

 

Tepat pada tanggal 5 Oktober 2012. Tentara Nasional Indonesia (TNI) merayakan hari jadi yang ke – 67 dengan mengusung tema, ” Dilandasi profesionalisme, semangat juang dan soliditas, TNI bersama segenap komponen Bangsa siap menjaga kedaulatan dan Keutuhan wilayah NKRI.”  Bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal IX Pangdam XVI / PTM, Mayjen TNI Suharsono, S.IP selaku Inspektur Upacara (Irup) menerima laporan upacara dari Komandan Upacara Letkol Marinir Efhardian.

Terlihat dengan gagah para pasukan TNI – Polri wilayah Maluku mengikuti upacara HUT TNI ke – 67. Dalam upacara tersebut hadir para pejabat beserta undangan lainnya. Parade Upacara diikuti dari pasukan jajaran Kodam XVI/PTM, pasukan Lantamal IX Ambon, dan pasukan Lanud Pattimura, serta gabungan PNS TNI wilayah Maluku.

Dalam upacara tersebut, Irup membacakan amanat Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E mengatakan, mencermati kecenderungan perkembangan lingkungan strategis global, regional, dan nasional saat ini, kita akan dihadapkan kepada delapan kelompok ancaman keamanan bersifat faktual, yaitu keamanan Selat Malaka, terorisme, separatisme, pelanggaran wilayah perbatasan dan pulau-pulau kecil terdepan, bencana alam, kegiatan-kegiatan ilegal, konflik horizontal dan kelangkaan energi.

Setelah upacara selesai, gabungan tiga matra TNI - AD, TNI - AL, dan TNI - AU wilayah Maluku melakukan demonstrasi pembebasan sandera yang ditawan oleh para teroris. Di skenariokan  Sea Rider Lantamal IX memasuki garis pantai lawan, bersama Prajurit Marinir yang melakukan pendaratan dan melakukan penyerbuan. Dibantu satuan Yonif 733 Raider, melaksanakan penyergapan sebuah rumah yang ditenggarai menjadi tempat sandera berada. Dengan kedisplinan serta latihan yang khusus, para prajurit TNI berhasil mengalahkan teroris dan membebaskan sandera. Dalam HUT TNI ke – 67 di Lantamal IX juga dilaksanan parade Defile dari peserta upacara dan parade kendaraan tempur yang dimiliki Denkav 5/BLC dan Sea Rider Lantamal IX. (DISPEN LANTAMAL IX)

              

posted @ Saturday, October 6, 2012 7:44 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page