Current Articles | Categories | Search | Syndication

LANTAMAL IX MELAKSANAKAN SOSIALISASI PENERIMAAN KADET AAL DAN BINTARA PK

 

TNI AL memanggil pemuda/pemudi untuk menjadi Kadet AAL dan calon Bintara (caba) serta calon Bintara Wanita, berkaitan dengan hal tersebut (22/03) Tim Sosialisasi Lantamal IX melaksanakan  sosialisasi penerimaan Kadet AAL dan Bintara PK di beberapa SMU di wilayah Ambon. Pada sosialisasi tersebut Kasubdis Watpers Disminpers Lantamal IX Mayor Laut (E) Wahyu Hidayat menjelaskan persyaratan untuk menjadi Prajurit TNI AL serta di peragakan pula beberapa seragam TNI AL, Kaurlibra Bagpen Dispen Lantamal IX Letda Laut (KH) Ivan Noviyanto, S.I.Kom memperagakan Pakaian Dinas Upacara I (PDU I), Sertu Rum/W Ani Thresnawati memperagakan Pakaian Dinas Harian (PDH) dan Serda Bek/Wan Maria Kristina Hawa memperagakan Pakaian Dinas Upacara untuk Bintara Wanita TNI AL. Para Guru serta Siswa dan Siswi sangat antusias dan memberi tanggapan positif dengan adanya sosialisasi ini. Setelah di perlihatkan profil Cadet AAL para siswa dan siswi diberi penjelasan dan diberi kesempatan bertanya berkaitan dengan penerimaan Kadet AAL dan Caba PK.

Adapun persyaratan untuk menjadi Kadet AAL yaitu Warga Negara Indonesia, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, berusia 18 hingga 22 tahun untuk dididik menjadi calon prajurit Kadet  AAL, tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polres setempat), sehat jasmani dan rohani, dan tidak sedang kehilangan haknya untuk menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang sudah berkekuatan hukum tetap. Pria berijazah SMA/MA jurusan IPA (bukan paket c) dengan nilai rata – rata UAN tidak kurang dari 6,50 dan tidak ada nilai yang kurang dari 6 atau kelas 12 dengan nilai rata – rata rapor semester satu tidak kurang dari 7,50.

 Persyaratan Bintara PK adalah : Pria/ Wanita, berijazah serendah-rendahnya SMA/MA/SMK (bukan paket C) semua jurusan, belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan dan selama 2 tahun setelah selesai pendidikan, tinggi badan minimal 163 cm untuk Pria dan 157 cm untuk Calon Bintara Wanita dengan berat badan seimbang, berusia setinggi-tingginya 22 tahun dan sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan, bersedia menjalani Ikatan Dinas Pendek (IDP) selama 10 tahun terhitung mulai saat dilantik dengan pangkat Letnan Dua (Letda) untuk Perwira sedangkan untuk Bintara Sersan Dua (Serda).  

Persyaratan tambahan lainnya yakni : bukan Prajurit TNI, anggota Polri maupun PNS, tidak bertato, bertindik maupun bekasnya, tidak buta warna dan tidak berkacamata, memiliki KTP dan Kartu Keluarga sesuai dengan tempat pendaftaran yang terdekat, tidak diperbolehkan mendaftarkan lebih dari satu tempat pendaftaran.  Saat pendaftaran, calon peserta harus datang sendiri ke tempat pendaftaran dengan membawa berkas asli meliputi : akte kelahiran, Ijazah, daftar nilai ujian akhir nasional (SD, SMP dan SMA/MA), pas photo hitam putih terbaru/mengkilap ukuran 4x6 sebanyak 3 lembar dan 3x3 sebanyak satu lembar, KTP Calon, KTP orang tua, KTP wali bagi yang tidak bertempat tinggal dengan orang tua, Kartu Keluarga, foto copy seluruh berkas asli masing-masing 1 lembar serta membawa stofmap warna kuning 2 buah untuk Calon Bintara Pria dan stofmap warna biru 2 buah untuk Calon Kadet AAL dan Bintara Wanita. Para pemuda yang berminat dapat datang mendaftar ke Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX Halong Ambon. Para pelamar selama mengikuti proses pendaftaran dan seleksi tidak dipungut biaya apapun. Bergabunglah dengan TNI Angkatan Laut untuk melihat Dunia, Join the navy to see the world. (DISPEN LANTAMAL IX)

 

posted @ Tuesday, October 23, 2012 1:20 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page