Current Articles | Categories | Search | Syndication

WAKIL KOMANDAN LANTAMAL IX MEWAKILI KOMANDAN LANTAMAL IX MEMBERIKAN PAPARAN DALAM RAPAT PIMPINAN POLDA MALUKU TAHUN 2012

 
 

Sabtu (04/02) bertempat di Polda Maluku, Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Marinir Bambang Hullianto menghadiri Rapat Pimpinan Polda Maluku Tahun 2012, Dalam rapat pimpinan tersebut hadir pula Asintel Danlantamal IX Kolonel Laut (P) Arif Sumartono dan Asops Danlantamal IX Kolonel Laut (P) Nanang Eko Ismurdianto. Pada Rapim Polda Maluku Tahun 2012 yang mengangkat tema “Melalui Rapim Polda Maluku Tahun 2012 Kita Lanjutkan Reformasi Birokrasi Untuk Mewujudkan Tegaknya Hukum Dan Keamanan Dalam Negeri Yang Mantap Dalam Rangka Menyukseskan Pembangunan Nasional”.

Penguatan Ketahanan Nasional Dalam Mendukung Keamanan Wilayah Perairan Di Provinsi Maluku. NKRI Negara kepulauan terbesar Potensi ancaman gangguan kedaulatan dan keutuhan NKRI, Memerlukan kemampuan pertahanan negara yang handal, kuat dan tegaknya NKRI. Dengan ribuan pulau dan SDA Laut yang melimpah kondisi ini berakibat pada potensi ancaman melalui laut yg sangat besar oleh karenanya Indonesia membutuhkan Alutsista yg memadai namun tidak semata – mata harus dengan alutsista yang modern.Tetapi mempertimbangkan menuju kemandirian Nasional  menghindari ketergantungan dari pihak luar.

Persepsi tentang keamanan laut antara lain Laut bebas dari ancaman kekerasan (Bajak, rompak, sabotase obvit, ranjau dan teror), Laut bebas dari ancaman navigasi (Sarana bantu navigasi kurang memadai), Laut bebas dari ancaman terhadap sumber daya laut (pencemaran dan perusakan ekosistem laut), Laut bebas dari ancaman pelanggaran hukum (Illegal fishing atau illegal logging, migrant dan penyelundupan). Dasar penegakan hukum TNI AL adalah UU RI no. 34/2004 tentang TNI pasal 9 ayat b. Tentang penegakan hukum di laut dan menjaga keamanan di wilayah Yuridiksi Nasional. Adapun Peran TNI AL dalam hal ini  Militer, penggunaan kekuatan secara optimal untuk memenangkan perang dan konflik bersenjata. Polisionil, Dilaksanakan dalam rangka penegakan hukum di laut, lindungi kekayaan laut, memelihara ketertiban dilaut serta mendukung pembangunan Bangsa. Diplomasi, Menggunakan laut sebagai sarana diplomasi dalam mendukung kebijakan pemerintah Indonesia dalam keadaan damai atau situasi bermusuhan. Tugas TNI AL Yang tertuang pada pasal 9 UU RI nomor 34 tahun 2004 tentang TNI. Pertahanan, Melaksanakan tugas TNI Matra laut. Penegak hukum, Menjaga keamanan wilayah laut  Yurisdiksi  Nasional. Diplomasi, Melaksanakan diplomasi al sesuai jak ln, Pembangunan matra laut, Bangun kekuatan laut, Pemberdayaan wilayah laut, Potensi Maritim. Untuk tugas pokok Lantamal IX sendiri antara lain Lantamal IX dengan perkuat laksanakan pengamanan di wilayah Maluku dan Maluku Utara, Dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan, Untuk mewujudkan pertahanan Nasional dan daya tangkal di daerah terhadap ancaman, Gangguan dan Provokasi yang mungkin muncul dalam kehidupan masyarakat di Provinsi Maluku dan Maluku Utara. Konsep operasi antara lain Manuver, Lantamal IX dan perkuat laksanakan pengamanan laut di wilayah Maluku dan Maluku Utara dengan operasi keamanan laut terbatas sebagai operasi pokok dan operasi intel dengan daerah Lanal - lanal di bawahnya, Lanal Ternate, Lanal Morotai operasi di wilayah Maluku Utara, Lanal Tual, Lanal Saumlaki operasi di wilayah Maluku.

 Pada penutup paparan Wadan Lantamal IX  tersebut ada beberapa hal yang terkait dengan tugas Lantamal IX, Diantaranya : Pertama, TNI AL dalam hal ini Lantamal IX  komitmen  untuk menjaga dan mempertahankan keamanan Nasional di per wilayah NKRI dan khususnya Provinsi Maluku dan Maluku Utara sebagai wilayah kerja Lantamal IX sesuai dengan tugas pokok TNI AL. Kedua, Lantamal IX selalu siap melaksanakan PAM di wilayah per Provinsi Maluku dan berkoordinasi dengan instansi  terkait. Dan ketiga Lantamal IX yang memiliki wilayah kerja di Provinsi Maluku dan Maluku Utara siap menjaga Keamanan pertahanan nasional dalam mendukung kegiatan pembangunan di Provinsi Maluku. (DISPEN LANTAMAL IX).

 

posted @ Monday, November 5, 2012 10:16 PM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page