Current Articles | Categories | Search | Syndication

RAKORTAS SATGAS III BAKORKAMLA RI DI AMBON

 
 

Dalam rangka melaksanakan Rapar Koordinasi Terbatas (Rakortas) Satuan Tugas III Badan Koorninasi Keamanan Laut RI Senin (16/01) bertempat di Hotel Swiss - belhotel dilaksanakan rapat yang diikuti oleh 12 stakeholder. Rapat dibuka langsung oleh Kalakhar Bakorkamla RI Laksamana Madya TNI Y Didik Heru Purnomo dan dilanjutkan paparan mengenai Kebijakan Pemerintah Daerah Propinsi Maluku dalam pembangunan kelautan dan peningkatan keamanan laut yang dibawakan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku Ir. Bastian Mainassy M.Si. Setelah paparan dilanjutkan Review Operasi bersama Bakorkamla RI yang dibawakan oleh Kapus Ops Bakorkamla RI.

Dalam rapat tersebut dihadiri oleh Danlantamal IX Laksamana Pertama TNI Rahardjo Dwi Prihanggono, SH, Kapus Koord. Ops Kamla, Kapus Siapjak, Kapus Inhuker, Kabid Gar Ops, Kabid Siapjak Ops, Wadan Satgas III Bakorkamla RI. Sedangkan dari Tim Bakorkamla RI yang mengikuti rombongan bersama Kalakhar Bakorkamla RI Dirjen HPI Kemlu, Dir PP Ditjen PUM, Koord. IV Jamintel, Perwakilan Sops Mabes TNI, Perwakilan Sahli Bidang Keamanan Kemhan, Perwakilan PSDKP, Ditjen HPI, Ditjen PUM, Ditjen Hubla dan Ditjen HPI.

Rakortas yang diikuti oleh 12 stakeholder tersebut, membahas tentang permasalahan yang terjadi dilapangan sehingga membutuhkan koordinasi yang baik antara instasi terkait sehingga setiap kendalan yang dihadapi dapat dikoordinasikan. Rapat dibagi dalam dua sesi, sesi pertama bertindak sebagai Moderator Kepala Kantor Imigrasi dan pemapar Dir Polariud Polda Maluku dan Ka. Stasiun PSDKP Tual, sesi kedua dipaparkan oleh Asops Danlantamal IX Ambon dan Adpel Ambon.

Pada akhir rapat dibacakan rumusan oleh Kapus Ops Bakorkamla RI Laksamana Pertama TNI Susanto dan selanjutnya secara resmi Rakortas Satgas III Bakorkamla RI ditutup oleh Kalakhar Bakorkamla RI Laksamana Madya TNI Y Didik Heru Purnomo. Rapat tersebut juga dihadiri oleh Wadan Lantamal IX Kolonel Mar Bambang Hullianto, Asintel Danlantamal IX Kolonel Laut (P) Arif Sumartono, Kadiskum Lantamal IX, Kadisyahal Lantamal dan Pabandya Opslat Sops Lantamal IX.

Dalam rapat tersebut Kalakhar Bakorkamla RI Laksamana Madya TNI Y Didik Heru Purnomo menyampaikan bahwa sebagaimana Negara Maritim di Dunia memiliki Coust Guard. Dimana  tugas dan fungsi Coust Guard sebagai Penegakan hukum, pengawasan Sumber Daya Alam hayati dan nonhayati, masalah keamanan dan keselamatan pelayaran, Search And Rescue (SAR) dan tugas-tugas perbantuan dibindang pertahanan. (DISPEN LANTAMAL IX)

posted @ Friday, November 9, 2012 8:33 PM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page