Current Articles | Categories | Search | Syndication

PROSESI ADAT MENGAWALI PERESMIAN DERMAGA SATGAS III BAKORKAMLA RI

 
 

Dengan diawali Prosesi Adat yang dipimpin langsung oleh Ibu Raja Negeri Halong, Selasa (17/01) dilaksanakan peresmian Dermaga Satgas III Bakorkamla RI di belakang Baileo Desa Halong. Dermaga tersebut dibagun untuk operasional Kapal-kapal Satgas III yang akan beroperasi di Wilayah Satgas III Bakorkamla RI. Setelah dilaksanakan upacara acara adat oleh tua-tua adat Negeri Halong dan Saniri Negeri  dilanjutkan pembacaan Doa oleh bapak Pendeta.

Setelah dibacakan doa, dilanjutkan peletakan batu pertama yang diawali oleh Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu, selanjutnya Kalakhar Bakorkamla RI Laksamana Madya TNI Y Didik Heru Purnomo, Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Rahardjo Dwi Prihanggono, SH, Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Inf Winston P. Simanjuntak dan Ibu Raja Negeri Halong.

Dalam sambutan Gubernur Maluku menyampaikan bahwa peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan dermaga kapal Patroli milik Bakorkamla di Provinsi Maluku mengandung makna yang sangat strategis bagi perkembangan pelaksanaan tugas-tugas pengamanan perairan Maluku, sekaligus pula sangat penting dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan didaerah Maluku. Sebagai institusi keamanan tentu saja ketersediaan sarana pendukung yang terjamin dan dapat dimanfaatkan setiap saat oleh Bakorkamla adalah sebuah prasyarat penting yang harus dipenuhi.

Dengan terbangunnya Dermaga Satgas III Bakorkamla RI akan mempertegas pelaksanaan pengamanan laut, hal ini sejalan dengan Visi – Misi Bakorkamla RI yang terarah pada mewujudkan upaya penciptaan keamanan, keselamatan dan penegakan hukum di wilayah perairan Indonesia secara utuh. Gubernur Maluku percaya melalui koordinasi dan kerja sama yang baik dengan berbagai pihak maka pembangunan dermaga dapat dimanfaatkan untuk tindakan-tindakan penyelamatan terhadap berbagai kecelakaan atau musibah dilaut yang sering terjadi. Dengan demikian pelaksanaan pembangunan Dermaga akan banyak memberikan manfaat positif bagi kepentingan bersama.

Setelah Gubernur Maluku membacakan amanat, Kalakhar Bakorkamla RI Laksamana Madya TNI Y Didik Heru Purnomo menyampaikan bahwa dengan dibangunnya Dermaga Satgas III Bakorkamala RI, pelaksaaan tugas akan lebih baik. Kalakhar Bakorkamla RI juga menyambut Gubernur Maluku sebagai Warga Kehormatan Bakorkamla RI sebab di Negara Indonesia hanya ada tiga Gubernur yang menjadi Warga Kehormatan Bakorkamla RI yakni Gubernur Kepulauan Riau, Gubernur Sulawesi Utara dan Gubernur Provinsi Maluku. (DISPEN LANTAMAL IX)

posted @ Friday, November 9, 2012 8:37 PM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page