Current Articles | Categories | Search | Syndication

KUNJUNGAN MENTERI NEGARA PERENCANAAN PEMBANGUNAN NASIONAL DI AMBON

 
 

Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Bapenas Prof. Dr. Armida S. Alisjahbana Rabu, (08/02) berkunjung ke Ambon Provinsi Maluku. Dalam kunjungan ke Maluku, Menteri Negara PPN diterima di ruang VIP room Pemda Maluku oleh Gubernur Maluku, Danlantamal IX Laksamana Pertama TNI Rahardjo Dwi Prihanggono, S.H, Kasdam XVI/PTM, Kapolda Maluku, Wakil Walikota Ambon, Danlanud Pattimura, Forum koordinasi Pimpinan Daerah Provinisi Maluku dan Kepala Bappeda Provinsi Maluku.

Kunjungan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Bapenas dalam rangka sebagai Narasumber Kulia Umum  yang dilaksanakan di Auditorium, Prof. Dr.J. Fr. Syauta. M.Ec di Fakultas Hukum Universitas Pattimura. Selanjutnya setelah melaksanakan Kulia Umum  melaksanakan pertemuan dengan pimpinan Universitas Pattimura di Rektorat Universitas Pattimura.

Bertempat di Hotel Aston Natsepa, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Bapenas Prof. Dr. Armida S. Alisjahbana melaksanakan Rapat Kerja Nasional III Bappeda Provinsi Se – Indonesia yang dihadiri oleh Ketua Asosiasi Bappeda Provinsi seluruh Indonesia dan Kepala Bappeda Se - Indonesia. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional menyampaikan mengenai Pembangunan Nasional Berbasis Ikon keunggulan Daerah. Dalam RKP dan APBDN tahun 2012 melaksanakan misi percepatan dan perluasan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas,  infklusif dan berkeadilan bagi peningkatan kesejahteraan rakyat.

Dalam arah kebijakan makro, pertumbuhan ekonomi dapat didorong dengan meningkatkan investasi, menjaga ekspor non migas, memberi dorongan fiskal dalam batas kemampuan keuangan Negara dengan mempertajam belanja Negara, meningkatkan koordinasi antara kebijakan fiskal, moneter dan sektor rill dan mendorong peran masyarakat dalam pembanunan ekonomi. Sedangkan untuk arah kebijakan infrastruktur upaya yang dilakukan melalui pembangunan jalan lintas stategis nasional dan terintegrasi, pengembangan sarana dan prasarana transportasi dan pengembangan sarana penghubung antar pulau dan antarmodal.

Dalam sambutan Gubernur Maluku yang disampaikan dalam Rapat kerja Nasional III bahwa Rapat Kerja Nasional III Asosiasi Bappeda tahun 2012 memiliki arti penting bagi upaya untuk menghadapi dan memberi solusi atas tantangan yang membentang. Keberhasilan pembangunan daerah sangat ditentukan oleh kualitas perencanaan pembangunan daerah. Perencanaan pembangunan daerah yang baik, yang tepat dan kredibel adalah separuh dari keberhasilan pembangunan daerah. Separuhnya lagi dari keberhasilan pembangunan daerah adalah tergantung dari pelaksanaan da pengendalian daerah tersebut. (DISPEN LANTAMAL IX)

posted @ Friday, November 9, 2012 9:00 PM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page