Current Articles | Categories | Search | Syndication

KOMANDAN LANTAMAL IX MENGHADIRI PERINGATAN HARI KOPERASI NASIONAL KE - 65

 
     Dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional ke – 65 tahun 2012, Kamis (12/07) Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Aan Kurnia S.Sos menghadiri peringatan Hari Koperasi Nasional ke - 65 di Lapangan Merdeka Ambon. Peringatan tersebut dihadiri oleh Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu, Pangdam XVI/PTM Mayjen TNI Suharsono, S.Ip, unsur Muspida Prov. Maluku, serta perwakilan Koperasi Provinsi Maluku.
    Sebelum membacakan amanat Menteri Koperasi dan UKM RI, Gubernur Maluku memperkenalkan Komandan Lantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI Aan Kurnia S.Sos kepada Forum Pimpinan Daerah Provinsi serta mengucapkan selamat atas kenaikan pangkat menjadi Laksamana Pertama TNI.
Dalam Amanat Menteri Negara, DR. Syarief Hasan disampaikan bahwa dalam usia yang ke 65 tahun ini kita dapat maknai sebagai tahun kemandirian koperasi dengan mewujudkan koperasi menjadi koperasi yang besar, mandiri, dan kuat, sehingga dapat lebih cepat meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan anggotanya dan masyarakat.
Terdapat momentum bersejarah bagi gerakan koperasi di Indonesia dan dunia. Pertama, Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sustainable, semakin baik, cukup tinggi saat ini telah menciptakan banyak peluang ekonomi bagi Koperasi Indonesia. Kedua, arahan Bapak Presiden Republik Indonesia DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono bahwa melalui gerakan revitalisasi koperasi adalah salah satu program utama Pemerintah untuk menunjang perekonomian Indonesia menuju masyarakat yang makmur dan sejahtera. Ketiga, PBB telah mencanangkan tahun 2012 sebagai tahun koperasi dunia (International Year Cooperative).
     Kita patut berbangga sebagai warga koperasi, bahwa Perserikatan Bangsa-Bangsa melalui resolusinya Nomor 64/136 telah mengakui bahwa peran koperasi khususnya Koperasi Indonesia sebagai organisasi usaha telah terbukti disamping mampu bertahan dalam keadaan krisis ekonomi global, mampu juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan pekerjaan, menurunkan tingkat kemiskinan dan meningkatkan kemakmuran rakyat.
Kementerian Koperasi dan UKM telah melakukan beberapa rangkaian kegiatan guna mengisi peringatan hari Koperasi ke 65 dan tahun Koperasi dunia bekerjasama dengan DEKOPIN, DEKOPINWIL, dan DEKOPINDA bersama-sama dengan Pemerintah Propinsi, Kabupaten/Kota dan seluruh anggota koperasi. Memasuki tahun ketiga RPJM 2009-2014, pada tahun 2009 jumlah Koperasi Indonesia sebanyak 170.411 unit. Tahun 2010 sebesar 177.482 unit. Tahun 2011 telah mencapai 188.181 unit dan sampai dengan pertengahan tahun 2012 ini, Koperasi Indonesia telah mencapai 192.443 unit dengan jumlah anggota sebanyak 33.687.417 orang. Peningkatan jumlah koperasi ini didukung oleh Program Gerakan Masyarakat Sadar Koperasi (GEMASKOP) dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah bekerja sama dan sinergi dengan DEKOPIN.
Setelah melaksanakan peringatan Hari Koperasi Nasional ke – 65 Gubernur Maluku, Pangdam XVI/PTM, Komandan Lantamal IX beserta tamu undangan mengunjungi stand pameran yang diikuti oleh perwakilan Koperasi dan UKM Provinsi Maluku. Adapun berbagai macam kerajinan tangan seperti kain tenun, aksesoris, pakaian maupun berbagai jenis makanan khas Prov. Maluku ditampilkan guna mendapatkan konsumen yang tertarik terhadap barang yang dipamerkan. (DISPEN LANTAMAL IX)

posted @ Friday, August 3, 2012 7:07 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page