Current Articles | Categories | Search | Syndication

KOMANDAN LANTAMAL IX MENGHADIRI UPACARA MEMPERINGATI HARI PAHLAWAN NASIONAL MARTHA CHRISTINA TIAHAHU YANG KE – 194

 
        Senin (2/1) Pada kesempatan ini diawal tahun 2012 telah dilaksanakan upacara memperingati hari Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu yang ke - 194. Dalam upacara tersebut di hadiri oleh Pejabat TNI/POLRI dan Pejabat Pemda Provinsi Maluku. Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI  Rahardjo Dwi Prihanggono, S.H beserta Ny. Sriwidiastati Prihanggono menghadiri upacara tersebut. Upacara berlangsung di dua tempat  di monumen Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu dan di dermaga Irian Lantamal IX Ambon. Wakil Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff selaku Irup pada upacara peringatan hari Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu kali ini menyampaikan
        Bahwa salah satu sisi kehidupan dari pahlawan Nasional Marta Christina Tiahahu untuk menjadi bahan perenungan kita bersama khususnya kaum wanita Maluku. Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu lahir di Nusa laut pada tanggal 4 januari Tahun 1800, Sejarah mencatat bahwa Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu dalam perjuangannya menentang dan melawan bangsa penjajah ketika beliau berusia 17 Tahun usia remaja menuju kedewasaan,Itu artinya saat itu beliau masih berada pada usia proses mencari jati diri sebagai perempuan yang beranjak dewasa.
        Namun yang terjadi adalah sebaliknya beliau melupakan masa remajanya tersebut untuk kemudian ikut berjuang bersama-sama sang ayah Kapiten Paulus Tiahahu berperang melawan Penjajah.Untuk itu kita harus belajar dari tauladan beliau, Pemerintah memberikan apresiasi yang tinggi serta penghargaan yang tulus atas jasa perjuangan yang di laksanakan Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu untuk memajukan Masyarakat Maluku.
       Setelah Pelarungan karangan bunga oleh Wakil Gubernur Maluku dan ahli Waris di monumen Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu, selanjutnya dilaksanakan Upacara pelarungan karangan Bunga dan tabur Bunga di laut yang di laksanakan di Dermaga Irian Lantamal IX. Wakil Gubernur Maluku selaku Irup melarungkan karangan bunga dan diikuti tabur bunga oleh Komandan Lantamal IX  serta para Tamu Undangan yang hadir pada upacara pelarungan karangan bunga di Dermaga Irian Lantamal IX Ambon. (DISPEN LANTAMAL IX)

posted @ Thursday, November 22, 2012 8:55 PM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page