Current Articles | Categories | Search | Syndication

LANTAMAL IX MELAKSANAKAN LATIHAN PERAN KEBAKARAN

 
 
Dalam rangka melihat kesiapan peralatan PEK yang dimiliki Lantamal IX, Selasa (14/02/2012) bertempat di depan gedung Mako Christina Martha Tiahahu Lantamal IX telah dilaksanakan latihan Penanggulangan Kebakaran dan Kebocoran Kapal (PEK). Latihan PEK yang setiap harinya dilaksanakan oleh Divisi jaga Lantamal IX mendapat dadakan, sehingga para Divisi jaga yang tidak aktif jaga secara spontan melaksanakan penanggulangan pemadaman kebakaran sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. Latihan PEK dilaksanakan selain untuk melihat kesiapan, juga untuk melatih kesiapsiagaan personel Jaga Lantamal IX ketika terjadi kebakaran di kantor, rumah maupun kebakaran di kapal.
Latihan PEK dihadiri Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Rahardjo Dwi Prihanggono, SH, Asrena Danlantamal IX Kolonel Laut (S) Ida Bagus Rahyudodiputra, SE, Aslog Danlantamal IX Kolonel Laut (T) Didik Joko Sukmono, dan  Pgs. Dandenma Lantamal IX Mayor Laut (PM) Marcus Jabarmase, S.T serta para personel Lantamal IX. Latihan tersebut berawal dari kebakaran yang terjadi di depan Mako Lantamal IX dilanjutkan dengan Prayen dari pos ke pos untuk memberitahukan kepada seluruh Personel Lantamal IX bahwa telah terjadi Kebakaran. Selanjutnya Perwira Jaga (Paga) melaporkan situasi kepada Perwira Divisi (Padis) jaga untuk melakukan suatu langkah antisipasi dini untuk meghindari adanya kerugian yang ditimbulkan baik kerugian personil maupun material di dalam situasi kebakaran tersebut. Personel Lantamal IX khususnya Divisi Jaga yang tidak aktif jaga segera datang dengan membawa perlengkapan pemadam kebakaran berupa Hydrant lapangan, CO2 portable, foam/busa dan mobil pemadam kebakaran. Api yang awalnya begitu besar dapat di padamkan berkat kerjasama yang apik antar personil ditambah bantuan  Mobil Pemadam Lantamal IX yang datang membantu untuk memadamkan api yang sedang berkobar.
Setelah dilaksanakan latihan, Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Rahardjo Dwi Prihanggono, SH memberikan pengarahan kepada personel Jaga Lantamal IX yang melaksanakan latihan untuk selalu siap dan siaga ketika terjadi kebakaran di dalam Ksatrian Lantamal IX. Mobil Pemadam Kebakaran Lantamal IX umumnya siap untuk dioperasionalkan ketika melaksanakan pemadaman kebakaran yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Latihan PEK di Lantamal IX akan terus dilaksanakan sehingga keamanan dan keselamatan seluruh personel Lantamal IX akan selalu terjaga. (DISPEN LANTAMAL IX).

posted @ Wednesday, December 19, 2012 12:07 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page