Current Articles | Categories | Search | Syndication

KOMANDAN LANTAMAL IX MEMIMPIN HARI DHARMA SAMUDERA DI LAPANGAN APEL MAKO LANTAMAL IX AMBON

 
          Setiap pada tanggal 15 Januari TNI Angkatan Laut memperingati hari Dharma Samudera yang merupakan upacara peringatan peristiwa Heroik pertempuran yang terjadi di perairan Laut Aru pada lima puluh tahun silam. Sehubungan dengan hal tersebut Senin, (16/1) Lantamal IX menggelar upacara Hari Dharma Samudera di lapangan Apel Mako Lantamal IX Ambon. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Rahardjo Dwi Prihanggono, S.H. Hadir pula dalam upacara Asrena Danlantamal IX Kolonel Laut (S) Ida Bagus Rahyudodiputra, S.E, Aspers Danlantamal IX Kolonel Laut (P) I Dewa Nyoman Bagus Wibawa, Aslog Danlantamal IX Kolonel Laut (T) Didik Joko Sukmono serta Para Kasatker Lantamal IX. Dalam upacara tersebut dibacakan sejarah singkat menceritakan bahwa pertempuran yang melibatkan tiga kapal cepat Torpedo TNI AL yakni RI Macan Tutul, RI Harimau, Dan RI Macan Kumbang dalam menghadapi kapal perang Belanda. Komodor Yos Sudarso yang saat itu menjabat Deputi Kasal,On Board di atas RI Macan Tutul sebagai Senior Officer Present Afloat (SOPA) bersama awak RI Macan Tutul akhirnya gugur sebagai Kusuma Bangsa.
            Dalam amanat Kasal Laksamana TNI Soeparno yang dibacakan Komandan Lantamal IX Laksma TNI Rahardjo Dwi Prihanggono, S.H bahwa sebagai generasi penerus Bangsa dan sebagai prajurit Matra laut sikap kesatria dan rela berkorban yang telah di tunjukkan oleh pendahulu kita seharusnya dapat menjadi contoh.  Oleh sebab itu pentingnya pertahanan laut yang kuat bagi Indonesia merupakan suatu hal yang tidak diragukan lagi, tanpa pertahanan laut yang kuat, Negara kita yang sangat kaya ini seolah – olah membukakan pintu masuk bagi pihak – pihak yang ingin mengambil keuntungan secara sepihak. Untuk itu dalam upaya mewujudkan TNI AL yang handal dan disegani di butuhkan suatu komitmen bersama di ikuti dengan sumber daya manusia yang handal dan professional yang memiliki karakter, Integritas serta kinerja tinggi. Dengan semua itu keinginan menjadi TNI AL yang handal diharapkan akan terwujud dan dapat menjadi benteng samudera yang tangguh. Salah satu kunci keberhasilan perjuangan di masa lalu yang dapat kita jadikan sebagai pedoman adalah sikap kebersamaan, senasib dan sepenanggungan, Integritas, kerja keras, kerja cerdas tanpa pamrih, Serta lebih mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara Indonesia.
            Melalui peringatan Hari Dharma Samudera ini, di harapkan kita semua dapat mengaktualisasikan nilai – nilai kejuangan, patriotik dan kepahlawanan yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita sebagai kontribusi positif dan karya nyata dari segenap prajurit Matra laut. (DISPEN LANTAMAL IX)

posted @ Thursday, December 20, 2012 5:08 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page