Current Articles | Categories | Search | Syndication

LANTAMAL IX MENGIKUTI UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN NASIONAL MARTHA CHRISTINA TIAHAHU YANG KE – 195

 

  Rabu, (02/01). Bertempat di Monumen Martha Christina Tiahahu, Wakil Komandan Lantamal IX, Kolonel Laut (P) B. Ken Tri Basuki, beserta Ibu mengikuti upacara memperingati hari Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu yang ke – 195 Tahun 2013. Upacara tersebut turut dihadiri oleh Pangdam XVI/PTM, Kasdam XVI/PTM, Kapolda Maluku, Danlanud Pattimura, Para Asisten Danlantamal IX dan Pejabat TNI – POLRI, Anggota FKPD Prov. Maluku, Pimpinan SKPD Prov. Maluku, serta Ahli Waris Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu.

 Upacara diawali dengan pembacaan singkat sejarah Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu, Pada amanat Wakil Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff selaku Inspektur Upacara menyampaikan bahwa, peringatan hari pahlawan Martha Christina Tiahahu ini merupakan manifestasi penghargaan terhadap perjuangan pahlawan wanita kebanggaan orang Maluku. Melalui upacara ini kita dapat mengenang kembali sejarah perjuangannya dalam melawan Penjajah. Semangat perjuangannya tersebut hendaknya dapat kita hayati dan kita jadikan sebagai inspirasi dan motivasi dalam mengisi pembangunan untuk mewujudkan cita – cita kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Acara dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga oleh Wakil Gubernur Maluku dan ahli Waris di monumen Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu.

                             

Setelah upacara di monumen Martha Christina Tiahahu kemudian dilanjutkan dengan upacara pelarungan bunga di laut yang dilaksanakan di Dermaga Irian Lantamal IX Ambon. Bertindak sebagai Komandan upacara Dansatkamla Lantamal IX Mayor Laut (P) Lukas Idaman Karunia Meliala. Wakil Gubernur Maluku selaku Irup mengawali pelarungkan bunga pertama, diikuti Pangdam XVI/PTM, Kapolda Maluku, Danlanud Pattimura, Kasdam XVI/PTM, Wadan Lantamal IX beserta Ibu dan Para Asisten Danlantamal IX, serta tamu undangan lainnya. Pelarungan tersebut dilaksanakan secara simbolis untuk mengenang jasa pahlawan wanita Maluku Martha Christina Tiahahu. (DISPEN LANTAMAL IX)

 

posted @ Thursday, January 3, 2013 1:35 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page