Current Articles | Categories | Search | Syndication

LANAL MOROTAI MEMPERINGATI HARI DHARMA SAMUDERA

   

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Morotai, Selasa (15/01) melaksanakan upacara  Hari Dharma Samudrera tahun 2013 di Lapangan apel Mako Lanal Morotai. Upacara berlangsung dengan hikmat dengan Inspektur upacara Komandan Lanal Morotai Letkol Laut (P) Purwadi dan dihadiri oleh seluruh personel Lanal Morotai.

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Madya TNI Marsetio, M.M. yang dibacakan oleh Inspektur upacara, bahwa upacara peringatan Hari Dharma Samudera dilaksanakan secara rutin oleh TNI Angkatan Laut setiap tahun,  hal ini dimaksudkan untuk mengenang dan memperingati peristiwa heroik para Pahlawan Laut yang gugur dalam pertempuran-pertempuran di laut, seperti mengenang pertempuran di Laut Aru, 15 Januari 1962, antara tiga kapal cepat torpedo TNI AL, yaitu RI Macan Tutul, RI Macan Kumbang dan RI Harimau dengan kapal perang Belanda jenis Destroyer. Pada pertempuran itu, Komodor Yos Sudarso yang on board di RI Macan Tutul akhir nya gugur sebagai kusuma bangsa bersama sengan tenggelamnya RI Macan Tutul.

 Pertempuran Laut di teluk Cirebon 5 Januari 1947, Kapten Laut Samadikun sebagai Komandan  RI Gadjah Mada dengan gagah berani melawan serangan kapal perang Belanda. Dalam pertempuran laut tersebut Kaptan Laut Samadikun bersama beberapa perwira dan anak buahnya juga telah gugur sebagai kusuma bangsa.

Mengakhiri amanat, melalui peringatan Hari Dharma Samudra Kasal menekankan agar kita semua dapat mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan, patriotik dan kepahlawanan yang telah diwariskan oleh para pendahulu, sebagai kontribusi positif dan karya nyata dari segenap prajurit matra laut. (DISPEN LANTAMAL IX)

posted @ Thursday, January 17, 2013 5:33 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page