Current Articles | Categories | Search | Syndication

DISKES MELAKSANAKAN FOGGING DI PERUMAHAN DINAS LANTAMAL IX

           
 

Dalam rangka menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan komplek Lantamal IX Ambon. Diskes Lantamal IX melaksanakan fogging (pengasapan) yang kali ini dikerjakan di lingkungan rumah dinas RT. 1 dan RT. 2 komplek Lantamal IX. Genangan air dan sisa timbunan sampah perlu diberikan fogging untuk menghindari berkembang biaknya jentik-jentik nyamuk demam berdarah (DBD) atau yang di kenal dengan nama nyamuk malaria, DBD ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Untuk mencegah pertumbuhan nyamuk tersebut Lantamal IX melaksanakan fogging nyamuk, kegiatan ini rutin di laksanakan setiap tahun dan merata di seluruh komplek Lantamal IX Ambon.

            Deman berdarah menyerang di saat kekebalan penderita sedang menurun. DBD memiliki ciri khas dibandingkan dengan demam lain yakni, pada si penderita tidak ditemukan manifestasi pendarahan. Pada kulit si penderita tampak bintik-bintik merah. Selain pada kulit, penderita juga dapat mengalami pendarahan di gusi, hidung, dan usus. Jika tidak segera mungkin ditangani, maka dapat menyebabkan kematian pada si penderita.

Gejala DBD diawali perasaan menggigil, nyeri kepala, saat menggerakan bola mata dan punggung. Kesakitan pada tungkai dan sendi akan terjadi beberapa jam sejak gejala demam dengue mulai dirasakan. Suhu tubuh akan meningkat dengan cepat mencapai 40 derajat celcius dengan detak nadi yang normal serta tekanan darah yang cenderung turun. Bola mata akan tampak kemerahan. Kemerahan juga tampak pada wajah yang dengan cepat akan menghilang. Kelenjar pada leher dan tenggorokan terkadang ikut membesar.

Umumnya pengobatan bagi penderita Demam Berdarah adalah mengganti cairan tubuh dengan memberi minum sebanyak 1,5 liter –2 liter dalam 24 jam (air teh dan gula sirup atau susu), dan juga garam elektrolit (oralit). Untuk itu para personel Lantamal IX harus waspada dan selalu menjaga kesehatan dan membiasakan hidup bersih. Misalnya dengan cara mengubur kaleng – kaleng bekas, menguras bak mandi serta membuang sampah pada tempatnya.(DISPEN LANTAMAL IX)

 

posted @ Tuesday, February 12, 2013 11:42 PM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page