Current Articles | Categories | Search | Syndication

UPACARA BENDERA TUJUHBELASAN DI MAKO LANTAMAL IX AMBON

 
 

Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX (Lantamal IX) Ambon. Senin (18/03/2013), telah melaksanakan upacara bendera tujuhbelasan Bulan Maret tahun 2013. Upacara tersebut dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Lantamal IX. dengan Inspektur Upacara (Irup) Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Asep Burhanudin. Upacara Bendera diikuti oleh Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Marinir Tory Subiyantoro, Asintel Danlantamal IX Kolonel Laut (P) Arif Sumartono, Asrena Danlantamal IX Kolonel Laut (S) Sigit Agung Wibowo, S.E., dan Para Kasetker/Kadis Lantamal IX, Perwira, Bintara, Tamtama serta PNS Lantamal IX. 

Upacara bendera yang rutin dilaksanakan tiap bulan tersebut merupakan upacara yang memiliki makna sebagai penghormatan atas perjuangan para generasi pendahulu, yang telah melahirkan NKRI pada 17 agustus 1945.

Dalam amanat Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum., yang dibacakan oleh Komandan Lantamal IX menyampaikan bahwa, Koarmatim sebagai bagian integral dari TNI AL yang melaksanakan peran, tugas dan fungsi sebagai Kotama pembinaan dan Kotama operasi di wilayah timur Indonesia untuk menyelenggarakan kedaulatan dan keamanan Negara di laut.

Penegakkan kedaulatan dilaut mengandung makna bahwa Koarmatim harus mampu mencegah dan meniadakan aksi – aksi dari pihak Negara lain dalam mengurangi atau menghilangkan kedaulatan Negara, dan hak berdaulat diperairan Indonesia sesuai hukum laut Internasional. Sedangkan penegakan keamanan Negara memiliki pengertian bahwa Koarmatim harus mampu mencegah terjadinya berbagai bentuk gangguan keamanan dilaut, khususnya di wilayah perbatasan yang marak dan menjadi pusat perhatian.

Selain itu, berkaitan dengan hubungan TNI – Polri, Pangarmatim menyampaikan pula sebagai prajurit TNI AL, maka segenap prajurit Koarmatim harus selalu menjaga, serta menjalankan kebijakan Nasional untuk membangun hubungan yang harmonis antara Institusi TNI dangan Polri. Hal ini dapat dilakukan bila seluruh prajurit mematuhi semua aturan yang berlaku, dan saling menghormati, serta membuang Arogansi Institusi. Dengan selalu menyadari bahwa tugas TNI dan Polri adalah mengabdi kepada Negara dan Bangsa, maka hubungan harmonis yang dimaksud dapat terwujud. (DISPEN LANTAMAL IX)

posted @ Tuesday, March 19, 2013 4:38 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page