Current Articles | Categories | Search | Syndication

LANTAMAL IX MELAKSANAKAN PENYULUHAN NARKOBA DAN HALITOSIS

     

Lantamal IX Ambon melaksanakan penyuluhan kesehatan tentang Narkoba dan Halitosis (bau mulut). Penyuluhan ini dilaksankan oleh tim kesehatan dari Lantamal IX Ambon di gedung Manggala Loka, Ambon, Senin, (22/07/2013).

Narkotika dan Obat / Bahan berbahaya (Narkoba) atau Psikotropika, serta Zat Adiktif (NAPZA) adalah bahan / zat yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan / psikologi seseorang (pikiran, perasaan dan perilaku), serta dapat menimbulkan ketergantungan fisik dan psikologi. Jenis – jenis narkoba antara lain depresan  : Opium (morfin, heroin / putaw), lexotan, pil BK/koplo, metadon, inhalansia/solvent, sedangkan jenis stimulan : Amfetamin (Ekstasi, Shabu), kokain, kafein, nikotin, halusinogen : LCD dan ganja. Dampak fisik narkoba secara umum dapat menyebabkan kerusakan pada otak permanen, schizofrenia atau gila, impoten, tertular hepatitis b/c, kanker hati , gagal ginjal, gagal jantung, tertular IMS dan HIV/AIDS, over dosis (kematian). Perbanyak kegiatan yang positif untuk menghindari obat – obatan tersebut, ujar Lettu Laut (K/W)  dr. Roito M.Y. Simanjuntak

Kemudian dilanjutkan dengan materi Halitosis (bau mulut)  yang disampaikan oleh Lettu Laut (K/W) Drg Farida Widhi Astuti. Definisi dari Halitosis adalah Bau yang tak menyenangkan yang berasal dari dalam mulut. Penyebabnya Internal (dari dalam mulut), Eksternal (dari luar mulut), Penyakit di dalam tubuh. Penanggulangan penyakit tersebut bisa dilakukan dengan Hilangkan faktor lokal dalam mulut, mengubah kebiasaan dan diet yang kurang baik (merokok, minum alkohol, makan berbau dll), minum 8-10 gelas air perhari, mengunyah permen karet, menggunakan obat kumur.

Sebelum pelaksanaan penyuluhan ini Komandan Lantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI Asep Burhanudin memberikan jam Komandan kepada seluruh personil Lantamal IX seperti ini sangat penting untuk dipahami oleh seluruh anggota karena seorang anggota TNI harus selalu sehat. Karena dengan sehat para anggota bisa beraktifitas secara maksimal dan terus berusaha untuk berbuat sesuatu “ sebagai seorang prajurit cobalah selalu membiasakan untuk peduli dengan lingkungannya dan jangan pernah berhenti untuk berbuat sesuatu karena itu adalah bagian dari taqwa” tegas orang nomor satu di Lantamal IX Ambon.

Kegiatan tersebut juga di hadiri Asops Danlantamal IX Kolonel Laut (P) Herman Prasetiyo, Asintel Danlantamal IX kolonel Laut (P) Arif Sumartono, Asrena Danlantamal IX Kolonel Laut (S) Sigit Agung Wibowo, S.E., para Kasatker, Bintara, Tamtama serta PNS Lantamal IX Ambon. (DISPEN LANTAMAL IX)

                                             

posted @ Tuesday, July 23, 2013 4:46 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page