Current Articles | Categories | Search | Syndication

ASRENA DANLANTAMAL IX HADIRI ACARA ADAT BAKU PUKUL MANYAPU DI DESA MAMALA

   

          Asrena Danlantamal IX Kolonel Laut (S) Sigit Agung Wibowo, S.E., Kamis (15/08/2013) menghadiri acara pukul manyapu di Desa Mamala Kec. Leihitu Kab. Maluku Tengah. Kegiatan tersebut diselenggarakan setiap tahun dan merupakan suatu acara adat di Provinsi Maluku. Acara pukul manyapu dibuka oleh Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu dengan dihadiri oleh Pangdam XVI/PTM, Kajati Maluku, Wakapolda Maluku dan muspida Provinsi Maluku.

            Sebelum acara adat baku pukul manyapu dimulai, ditampilkan tarian Manuhua dan Atraksi tarian Uun yang diperankan oleh masyarakat Desa Mamala. Tarian Uun merupakan tarian yang sudah berumur ratusan tahun, dapat dilihat dari ciri khas pakaian serta tampilan para penari yang memperagakan. Tarian tersebut telah diturunkan secara turun temurun hingga saat ini. Dalam sambutannya, Gubernur Maluku menyampaikan bahwa atraksi pukul manyapu harus dihayati oleh generasi muda Maluku. Dengan adanya atraksi baku pukul manyapu dapat dijadikan sebagai Icon budaya milik orang Maluku.

Pada akhir kegiatan peserta yang menggikuti acara adat baku pukul manyapu, diberikan obat berupa minyak yang telah diberikan doa dan ramuan oleh tua-tua adat setempat. Dengan dioleskan minyak tersebut akan mempercepat proses penyembuhan luka akibat terkena sapu saat atraksi. (DISPEN LANTAMAL IX)

posted @ Friday, August 16, 2013 10:13 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page