Current Articles | Categories | Search | Syndication

MEMBANGUN ANGKATAN LAUT KELAS DUNIA YANG DIUTAMAKAN ADALAH MEMBANGUN KARAKTER

                   
 

Untuk membangun Angkatan Laut kelas dunia yang diutamakan adalah membangun karakter, baik karakter individu, satuan maupun organisasi TNI Angkatan Laut secara utuh dan menyeluruh. Karakter yang dibutuhkan adalah unggul, istemewa dan kualitas tinggi atau disebut “ EXCELLENT “. Excellent pada tiga bidang yaitu organisasi (Organizationally Excelllent), oprasional (Oprationally Excelllent), seta bidang sumber daya manusia (Excellent Manpower). Dengan demikian visi TNI Angkatan Laut adalah “terwujudnya TNI Angkatan Laut yang handal dan disegani serta berkelas dunia“. Demikian amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio pada upacara peringanatn hari Armada RI ke 68 tahun 2013 yang dibacakan oleh Asisten Operasi (Asops) Komandan Lantamal IX Kolonel Laut (P) Herman Prasetiyo pada apel pagi di Markas Komando Lantamal IX Ambon, Kamis (05/12/2013).

Lebih lanjut dikatakan bahwa dalam proses pemenuhan kekuatan pokok minimum (MEF), dilaksanakan pengembangan organisasi dan pembangunan Alutsista. Untuk pengembangan organisasi dilaksanakan validasi organisasi yang bertujuan agar dapat bekerja secara efektif dan efesien, yang saat ini sedang dalam proses menunggu keputusan Presiden. Kita tetap merencanakan tiga Komando Armada dibawah Komando pertahanan laut. Tiap Armada membawahi Guspurla dan Guskamla. Sedangkan Lantamal yang akan dikembangkan menjadi 14 di bawah kendali langsung Kohanla RI. Untuk proyeksi kekuatan ke darat akan dikembangkan 3 divisi Marinir, 3 Satlinlanmil dan 3 wing udara.

Disamping itu dalam rangka meningkatkan hubungan Internasional, TNI Angkatan Laut dalam waktu dekat akan melaksanakan latihan Multilateral yang melibatkan Angkatan Laut Negara sahabat, serta Simposium keamanan Maritim Internasioanal (Internatioanal Maritime Security Symposium), yang akan berdampak kepada penilaian strategis baik dikawasan Regional maupun Internasional. (DISPEN LANTAMAL IX)



posted @ Friday, December 6, 2013 12:19 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page