Current Articles | Categories | Search | Syndication

LANTAMAL IX SOSIALISASIKAN BPJS KESEHATAN DI GEDUNG MANGGALALOKA

   

        Dalam rangka akan diberlakukannya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di seluruh Indonesia pada bulan Januari 2014, Asisten Personel (Aspers) Danlantamal IX Kolonel Laut (P) Hadi Priyono memberikan sosialisasi kepada seluruh personel Lantamal IX Ambon tentang BPJS Kesehatan yang dilaksanakan di Gedung Manggalaloka Lantamal IX Ambon, Selasa, (24/12/2013).

       Dalam sosialisasi BPJS tersebut Aspers Danlantamal IX menjelaskan bahwa kartu BPJS Kesehatan merupakan kartu tanda berobat bagi setiap personel TNI / TNI AL beserta keluarga yang telah terdaftar secara riil. BPJS Kesehatan berlaku untuk (5) anggota keluarga yang akan diberikan masing – masing satu kartu kepada tiap personel TNI / TNI AL dan keluarganya. Kartu BPJS Kesehatan tersebut ditunjukkan apabila akan berobat dan jika tidak bisa menunjukkan nantinya tidak akan dilayani untuk berobat baik di Pelaksana Pelayanan Kesehatan (PPK) primer maupun PPK sekunder.

                                                     

Pada saat berobat harus menuju PPK primer yaitu Puskesmas, Balai Pengobatan (BP) atau Balai Kesehatan (BK) terlebih dahulu tidak boleh langsung ke PPK sekunder yaitu Rumah Sakit TNI maupun RSAL kecuali keadaan darurat. Selain itu dijelaskan pula mekanisme dan verifikasi data peserta BPJS kesehatan.

       Dalam acara tersebut, Karumkital dr. F.X. Soehardjo Letkol Laut (K) dr. Soni Priartso, Sp.M.,  juga menambahkan paparan yang menjelaskan hak – hak sebagai peserta BPJS kesehatan sesuai dengan ketentuan, kewajiban peserta dan prosedur pelayanan kesehatan di fasilitas tingkat I serta menyimpulkan keakuratan data personel sangat penting dalam kepesertaan BPJS kesehatan, dengan tidak menjadi peserta BPJS tidak akan mendapat pelayanan kesehatan gratis dan bila menjadi peserta BPJS maka peserta dapat berobat di PPK I di mana saja serta dapat dirujuk di Rumah Sakit sesuai dengan perawatan yang dijalani pasien. (DISPEN LANTAMAL IX) 

                  

               

posted @ Saturday, December 28, 2013 7:05 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page