Current Articles | Categories | Search | Syndication

UPACARA TABUR BUNGA MEMPERINGATI HARI DHARMA SAMUDERA DI DERMAGA IRIAN LANTAMAL IX AMBON

   

Dalam rangka memperingati hari Dharma Samudera tahun 2014 personel Lantamal IX melaksanakan upacara tabur bunga di laut yang dilaksanakan di Dermaga Irian Lantamal IX Ambon. Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Wakil Komandan Lantamal IX Tory Subiyantoro dan Komandan Upacara Kafasharkan Ambon Mayor Laut (T) Aries Tri Widodo. Rabu, (15/01/2014).

Dalam amanat Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI DR. Marsetio yang dibacakan oleh Irup setelah selesai upacara menyampaikan bahwa Upacara rutin ini merupakan upacara untuk memperingati peristiwa Heroik yang terjadi di laut Aru pada lima puluh dua tahun silam. Dimana  terjadi pertempuran yang melibatkan tiga kapal cepat Torpedo TNI AL yakni RI Macan Tutul, RI Harimau, Dan RI Macan Kumbang dalam menghadapi kapal perang Belanda. Komodor Yos Sudarso yang saat itu menjabat Deputi Kasal, On Board di atas RI Macan Tutul sebagai Senior Officer Present Afloat (SOPA) bersama awak RI Macan Tutul akhirnya gugur sebagai Kusuma Bangsa.

           Keberadaan para pahlawan tersebut telah menorehkan tinta emas dalam sejarah Nasional perjuangan bangsa Indonesia, dalam upaya mempertahankan NKRI. Oleh karena itu, untuk mengenang peristiwa Heroik tersebut pemimpin TNI AL menetapkan tanggal 15 Januari sebagai hari Dharma Samudera. Melalui peringatan ini, kita semua berjanji penghormatan dan penghargaan atas jasa dan pengorbanan para Pahlawan Samudera akan terus dijaga dan dipelihara.

Hadir dalam upacara tersebut Asisten Logistik Danlantamal IX Kolonel Laut (T) Didik Joko Sukmono, Asisten Intelijen Danlantamal IX Lekol Laut (P) M. Hamzah Soerjo Widodo, Para Kasatker, Perwira, Bintara, Tamtama, serta PNS Lantamal IX Ambon. (DISPEN LANTAMAL IX)


posted @ Thursday, January 16, 2014 5:40 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page