Current Articles | Categories | Search | Syndication

PRESIDEN RI BERKUNJUNG KE AMBON DALAM RANGKA PEMBUKAAN MTQ KE XXIV

 
     Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jumat (08/06) berkunjung ke Ambon dalam rangka membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional XXIV tahun 2012. Kunjungan Presiden RI ke Ambon didampingi oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono, Menteri Agama Suryadharma Ali, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Menteri Perhubungan EE. Mangindaan, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E, Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo.
Dalam pembukaan MTQ yang dihadiri oleh 33 Provinsi di Indonesia, Presiden RI membuka secara resmi pelaksanaan MTQ tingkat Nasional dengan didampingi oleh Menteri Agama dan Gubernur Maluku. Pelaksanaan MTQ Tingkat Nasional nantinya akan dikikuti oleh 1.980 Kafilah dari perwalikan Provinsi di Indonesia. Tema MTQ tahun 2012 yaitu : “Dengan MTQ Tingkat Nasional XXIV/2012 kita Tingkatkan Kualitas Kehidupan Beragama di Indonesia”.
Presiden Ri mengajak para alim ulama dan tokoh agama untuk lebih memberikan pemahaman agar saling menghargai dan hidup dalam toleransi dengan membangun tatanan kehidupan bermasyarakat termasuk membangun kehidupan kerukunan antar umat beragama. Dalam pertunjukan Tarian Kolosal yang dibawakan oleh gabungan Siswa – Siswi dari SMA Negeri 11 dan 13 Ambon, para Pemuda Negeri Latuhalat, Waimahu dan Pemuda Batu Merah menampilkan tarian yang diberi nama Siwalima Arika. Tarian tersebut merupakan suatu perwujudan kebersamaan umat beragama di Maluku khususnya antara Umat Nasrani dan Muslim.
Setelah membuka MTQ Tingkat Nasional XXIV, Sabtu (09/06) Presiden RI meresmikan Monumen patung Dr. Johannes Leimena di Desa Poka. Monumen Pahlawan Nasional yang di bangun di Pertigaan Poka Kecamatan Teluk Dalam dibangun atas jasa-jasanya melalui Keputusan Presiden No. 52 TK/2012 pada tahun 2010 dengan memberikan gelar sebagai Pahlawan Nasional. Dr. Johannes Leimena merupakan salah satu tokoh politik yang satu-satunya menjabat sebagai Menteri selama 21 tahun berturut-turut tanpa terputus. Selain meresmikan Monumen Nasional Dr. Johannes Leimena, Presiden RI akan meresmikan sejumlah proyek yang sudah dikerjakan di Maluku. Ketika kegiatan peresmian dan penandatanganan proyek selesai, Presiden RI beserta rombongan selanjutnya menuju ruang VIP Pemda Bandara Internasional Pattimura. Adapun yang mengantar Presiden RI beserta rombongan Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu, Pangdam XVI/PTM Mayjen TNI Suharsono, S.IP, Kapolda Maluku Brigjen Pol Syarif Gunawan, Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Rahardjo Dwi Prihanggono, S.H., Danlanud Pattimura Kolonel Pnb T. Sembiring, serta unsur Muspida Propinsi Maluku. Dengan dilaksanakan MTQ XXIV Tingkat Nasional di Ambon diharapkan kerukunan umat beragama di Maluku dapat terus terjalin sehingga kedamaian terus dirasakan dalam kehidupan sehari – hari. (DISPEN LANTAMAL IX)

posted @ Wednesday, August 15, 2012 3:37 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page