Current Articles | Categories | Search | Syndication

KOMANDAN LANTAMAL IX HADIRI TRADISI ADAT PUKUL MANYAPU DI DESA MAMALA DAN DESA MORELLA

    

Komandan Lantamal IX (Danlantamal IX) Laksamana Pertama TNI Arusukmono Indra Sucahyo. Senin, (04/08/2014). menghadiri tradisi adat Pukul Manyapu di Desa Mamala dan Desa Morella Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah yang merupakan acara rutin tahunan setiap tanggal 7 Syawal atau 7 hari setelah hari raya Idul Fitri.

Tradisi yang telah bertahan ratusan tahun ini berakar pada sejarah perjuangan Kapitan Telukabessy dan pasukannya yang mempertahankan Benteng Kapahaha pada masa penjajahan di tanah Maluku. selain itu untuk mempererat tali persaudaraan masyarakat di Desa Mamala dan Desa Morella.

Tradisi Pukul Manyapu yang merupakan even kebudayaan Nasional tersebut, diikuti oleh para pemuda yang berasal dari masyarakat setempat yang dibagi dalam  dua kelompok masing - masing berjumlah 20 orang. Secara bergantian para pasangan peserta memukulkan batang lidi dari pohon Mayang ketubuh lawannya hingga berdarah yang merupakan simbol dari perjuangan melawan penjajah. Tradisi yang tergolong ekstrim tersebut menimbulkan minat warga Maluku maupun wisatawan Mancanegara untuk datang melihat atraksi yang ditampilkan oleh putra daerah Maluku.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Maluku, Wakil Gubernur Maluku, Kapolda Maluku, Danlanud Pattimura, Danrem 151/BNY, Wakil Bupati Maluku Tengah, unsur Muspida Provinsi Maluku serta tamu dan undangan. (DISPEN LANTAMAL IX)

 

       

posted @ Wednesday, August 6, 2014 12:41 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page