Current Articles | Categories | Search | Syndication

LANTAMAL IX ADAKAN SOSIALISASI KEWENANANGAN TNI AL DALAM PENEGAKAN HUKUM DI LAUT

 

Sebanyak 150 personel Lantamal IX Ambon, mengikuti Sosialisasi Kewenangan TNI Angkatan Laut dalam penegakan hukum di Laut yang dilaksanakan di Gedung Manggala Loka Lantamal IX. Senin (22/09/2014). Kegiatan yang dibuka oleh Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Arusukmono I.S., tersebut dihadiri juga oleh Wadan Lantamal IX Kolonel Marinir Tory Subiyantoro, para Asisten Danlantamal IX, Imigrasi,  Satgas III Bakorkamla RI, Polair Polda Maluku, Syahbandar Ambon dan Instansi terkait lainnya.

Dalam amanatnya Komandan Lantamal IX menyampaikan bahwa Indonesia merupakan Negara kepulauan (Archipelagic State) terbesar di dunia yang memiliki 17.499 Pulau, dengan luar perairan yang mencapai 5,9 juta KM persegi dengan garis pantai sepanjang kurang lebih 81.000 KM. Kondisi geografis tersebut menggambarkan bahwa Pulau – pulau Indonesia disatukan oleh bentangan laut yang luas sehingga ditemukan banyak kendala untuk menuju dan mengelola sumber daya yang ada. Meskipun kenyataannya wilayah laut yang terbentang tersebut memiliki potensi yang tidak kalah besarnya dengan daratan.

 Khusus di wilayah Maluku, secara geografis Provinsi Maluku berbatasan dengan Pulau – pulau Negara tetangga, seperti Philipina dan Australia dengan luas wilayah sekitar 714.480 KM terdiri dari 92,4% lautan dan 7,6% daratan dengan jumlah Pulau mencapai 1.412 buah Pulau dan di antaranya Pulau tersebut tidak berpenghuni. Beberapa Pulau terluar sangatlah trategis, karena Pulau – pulau inilah yang menjadi Base Point dalam menentukan batas wilayah Indonesia.

Selain sosialisasi kewenangan TNI Angkatan Laut dalam penegakan hukum di laut, dilaksanakan juga lomba cerdas cermat tentang Kekamlaan yang diikuti oleh perwakilan Satker (Satuan Kerja) di Mako Lantamal IX. Dalam lomba tersebut Satker Sops Lantamal IX berhasil meraih juara I dan juara II diraih oleh Satker Denma serta Juara III dari Satker Sintel. (DISPEN LANTAMAL IX).

 

 

 

 

 

posted @ Thursday, September 25, 2014 9:44 PM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page