Current Articles | Categories | Search | Syndication

UPACARA PENGAMBILAN SUMPAH/JANJI PERWIRA TNI AL DI LANTAMAL IX AMBON

    
 

Sebanyak 13 orang Perwira Lantamal IX Ambon diambil sumpah/janji sebagai penyidik perkara tindak pidana tertentu di laut. Upacara pengambilan sumpah/janji tersebut dipimpin oleh Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Marinir Tory Subiyantoro yang berlangsung di Gedung Manggala Loka Lantamal IX, Rabu (22/10/2014).

Dalam amanatnya, Wadan Lantamal IX menyampaikan bahwa Kondisi keamaanan di laut saat ini masih diwarnai eskalasi gangguan keamanan di laut, antara lain gangguan keamanan lintas Negara dalam bentuk aksi perompakan / pembajakan perdagangan nakortika, penyelundupan senjata dan bahan peledak, trafficking, serta imigran gelap. Demikian juga dengan tindak pidana lain yaitu perikanan mineral energy dan batu bara, kehutanan, pelayaran dan lain – lain masih sering terjadi di wilayah laut yurisdiksi Nasional Indonesia yang menuntut kehadiran unsur – unsur  TNI AL untuk melaksanakan patroli di laut sepanjang tahun di perairan yang rawan secara selektif.

TNI AL memiliki dasar hukum di laut berdasarkan ketentuan hukum Nasional dan hukum Internasional yang telah diratifikasi. Oleh karna itu, agar tindakan hukum yang dilaksanakan oleh Perwira TNI AL sebagai penyidik tindak pidan tertentu di laut sah dan legal, sesuai hukum yang berlaku maka perlu diambil sumpah/janji sesuai dengan agama yang dianutnya sehingga tanggung jawab pelaksanaan tugas sebagai penyidik tidak hanya kepada Negara dan TNI AL saja tetapi juga kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Hadir dalam kegiatan tersebut para Asisten Danlantamal IX, Kepala Kejaksaan Negeri Ambon, perwakilan Bakorkamala Satgas III Ambon, Dinas Kelautan dan Perikanan, Bea cukai dan Syahbandar Ambon serta Perwira Lantamal IX Ambon. (DISPEN LANTAMAL IX)


 

 

           

 

 

posted @ Thursday, October 23, 2014 5:55 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page