Current Articles | Categories | Search | Syndication

UPACARA PENGAMBILAN SUMPAH PERWIRA LANAL TERNATE SEBAGAI PENYIDIK TINDAK PIDANA TERTENTU DI LAUT

 

     Bertempat di ruang Aula Gedung Mako Pangkalan TNI AL (Lanal) Ternate Selasa, (02/12/2014) dilaksanakan Upacara pengambilan Sumpah Perwira Lanal Ternate sebagai Penyidik Tindak Pidana Tertentu di Laut. Adapun nama-nama  Perwira yang di ambil sumpah nya yaitu Pasintel Mayor Laut (T) Hengki T. Hutagaol, S.E, Pasops Mayor Laut (P) Erikson Pasassang, S.E, Kaurpamgal sintel Kapten Laut (E) Winarno, Komandan KAL Loloda Lettu Laut (P) Abson Nizam,S.Sos, Dan Unit Intel Lettu Laut (S) Nur Yuylianto, Kaset Letda Laut (E) Deden Sutrisna, Dan Posal Gebe Letda Laut (P) Agus Supriadi.

Dalam Upacara tersebut Komandan Pangkalan TNI AL Ternate Kolonel Laut (P) Uki Prasetia, S.T.,M.M. bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dibantu oleh para Rohaniawan. Sebagai saksi penyumpahan adalah Bpk. Hasan M Tahir sebagai Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Provinsi Maluku Utara dan Letda Laut (PM) Sugeng Purwanto, jabatan sehari-hari Perwira Penyidik di Pomal Lanal ternate.

Komandan Lanal (Danlanal) Ternate Kolonel Laut (P) Uki Prasetia, S.T.,M.M. dalam amanatnya meyampaikan bahwa kepada ke tujuh Perwira Lanal Ternate yang di ambil sumpahnya untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya dan bertanggung jawab, karena Perwira TNI AL mempunyai tugas rangkap sebagai Prajurit Matra Laut yang bertugas menjaga Kedaulatan Laut NKRI dan Penegak Hukum di laut yuridiksi NKRI.

          Provinsi Maluku Utara yang memiliki daerah Geografis sebagian besar perairan Laut merupakan tempat yang potensial terjadi tindak pidana di laut karena letaknya yang berdekatan dengan ALKI II dan berbatasan laut dengan negara tetangga dan laut juga merupakan sebagai tempat mayoritas masyarakatnya untuk melaksanakan aktivitas kehidupan sehari-hari. “ Dengan bertambahnya tenaga penyidik tindak pidana tertentu di laut di harapkan akan membantu penyelesaian-penyelesaian permasalahan tindak pidana di laut selam ini yang terjadi di laut yuridiksi Nasional Indonesia khususnya di wilayah Pangkalan TNI AL Ternate.”  terang Danlanal Ternate. (DISEPN LANTAMAL IX)


posted @ Thursday, December 4, 2014 11:55 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page