Current Articles | Categories | Search | Syndication

UPACARA HARI NUSANTARA KE - 16 TAHUN 2015 DI MAKO LANTAMAL IX AMBON

  

Dalam rangka memperingati Hari Nusantara ke  - 16 tahun 2015, dilaksanakan upacara di lapangan apel Mako Lantamal IX Ambon dengan Inspektur Upacara (Irup) Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff dan Komandan Upacara (Danup) Danyonmarhanlan IX Ambon Letkol Marinir Trio F. Sumantri. Minggu, (13/12/2015).

Tema kegiatan yaitu : “Kekayaan Energi dan Sumberdaya Mineral untuk pembangunan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia untuk mewujudkan kejayaan dan kemakmuran Bangsa” Hadir dalam kegiatan tersebut Danlantamal IX Ambon Laksma TNI Nurhidayat, M.A.P., Muspida Provinsi Maluku, Kabakamla Ambon, Staf Ahli Kodam XVI/Pattimura, Perwakilan Polda Maluku, Perwakilan Lanud Pattimura, para Asisten Danlantamal IX, tokoh agama, serta tamu dan undangan.

Upacara diawali dengan laporan, dilanjutkan pengibaran bendera merah putih, pembacaan Teks Pancasila, Undang Undang Dasar 1945 dan pembacaan Naskah Deklarasi Juanda. Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff membacakan amanat Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti bahwa tujuan peringatan hari Nusantara untuk mengingat kembali serta mengubah mainset bangsa Indonesia mengenai ruang hidup dan ruang juang yang berimbang antara Matra Darat dan Matra Laut. Hal tersebut sejalan dengan Visi Presiden Joko Widodo mengenai Poros Maritim Dunia, Ini mengandung arti bahwa Bangsa Indonesia diharapkan dapat melihat dirinya sebagai Poros Maritim Dunia, Kekuatan diantara dua Samudera.

Dalam kegiatan tersebut diberikan hadia kepada pemenang lomba dalam rangka memperingati hari Nusantara ke  - 16 diantaranya lomba tarik tambang perahu karet, lomba perahu semang, lomba memancing dan lomba memasak. Selain itu diserahkan bantuan sarana penangkap ikan kepada Nelayan digugus pulau Provinsi Maluku.

Kegiatan diakhiri dengan penyebaran beni ikan oleh Gubernur Maluku, Danlantamal IX, Perwakilan Pangdam XVI/Pattimura, Polda Maluku dan Kadis DKP Provinsi Maluku di Dermaga Beaching Lantamal IX Ambon. (DISPEN LANTAMAL IX)

posted @ Tuesday, December 15, 2015 11:32 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page