Current Articles | Categories | Search | Syndication

PERESMIAN MALUKU DIVING RESCUE & HYPERBARIC OXYGEN THERAPY CENTER DI LANTAMAL IX AMBON OLEH GUBERNUR MALUKU

    
 

Gubernur Maluku Ir. Said Assegaff meresmikan MALUKU DIVING RESCUE & HYPERBARIC OXYGEN THERAPY CENTER (MDR & HOTC) bertempat di Lantamal IX Ambon, diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengeliminir persoalan-persoalan aktual yang terjadi di laut khususnya kecelakaan penyelaman yang pada akhirnya menjadikan Maluku sebagai destinasi wisata bahari dapat terlaksana dengan aman dan nyaman. Kamis (18/02/2016).

Seperti kita ketahui bersama, bahwa selain potensi kelautan dan perikanan, Maluku juga memiliki keindahan alam bawah laut yang tak kalah menarik bila dibandingkan dengan daerah lain. Ribuan jenis gugusan karang nan elok dan indah, ribuan jenis ikan yang berwarna warni tersebar di wilayah Maluku yang siap untuk dieksplorasikan dan dimanfaatkan untuk mendukung perekonomian masyarakat Maluku, sehingga kebijakan pemerintah Provinsi Maluku untuk menjadikan Maluku sebagai destinasi wisata bahari dapat dimengerti dan dipahami sebagai kebijakan yang terarah dan terukur.

          Melihat fakta dan persoalan diatas TNI AL dalam hal ini Lantamal IX Ambon merasa terpanggil untuk menyumbangkan kemampuan dan ketrampilan selam yang dimiliknya sebagai salah satu solusi dengan membentuk Maluku Diving Rescue and Hyperbaric Therapy Center yang mewadahi Diving Rescuer Team (Tim Penyelamat Penyelam) dan Hyperbaric Team ( Tim Hiperbarik ).

Diving Rescuer Team (Tim Penyelamat Penyelam) merupakan tim penyelam professional yang bertugas untuk melaksanakan pendampingan kegiatan penyelaman untuk memberikan rasa aman dan nyaman selain memberikan pertolongan kepada korban penyelaman maupun korban kecelakaan di laut yang berkedudukan langsung di bawah Lantamal IX Ambon. Adapun kemampuan khusus yang dimiliki antara lain seperti infiltrasi dari laut ke darat, sabotase obvit, kemampuan SAR laut, kemampuan penyelamatan awak kapal selam, Pekerjaan bawah air (salvage) antara lain pengangkatan kapal, pengelasan bawah air, pembuatan alur lintas laut, pembersihan rintang alur pelayaran dan Harbor Clearence sehingga dalam keadaan tertentu tim ini dapat digunakan untuk mendukung Ops Militer untuk Perang (OMP). Selain kemampuan khusus tersebut Tim Penyelamatan Penyelaman juga memiliki kemampuan penyelamatan penumpang kapal yang tenggelam, penyelamatan personel yang sedang melaksanakan penyelaman rekreasi, penyelamatan personel penyelam yang melaksanakan pekerjaan di bawah air yang mana digunakan untuk mendukung Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Para personel tim penyelamatan penyelam Lantamal IX mengambil keahlian khusus ini melalui pendidikan berjenjang dan bertingkat sampai dengan level salvage dengan proses pendidikan yang diperoleh di Sekolah Penyelam TNI AL dan Sekolah Pendidikan Pasukan Katak yang terpusat di Surabaya dan telah disertifikasi oleh badan sertifikasi Internasional ISO (International SCUBA Open Sircuit ).

          Kemampuan yang dimiliki tim Penyelamat Penyelam ini didukung dengan Fasilitas-fasilitas penyelamatan terhadap korban penyelaman milik Lantamal IX Ambon sehingga kegiatan penyelamatan terhadap korban penyelaman dapat dilaksanakan dengan optimal. Adapun fasilitas yang dimilik Lantamal IX Ambon adalah rumah sakit disertai fasilitas Hyperbaric Chamber dan tenaga ahli di bidang tersebut yaitu dokter spesialis hiperbarik yang tergabung dalam Tim Hiperbarik untuk menangani terapi penyakit akibat penyelaman (Decompression Sickness dan Emboli Gas Arteri) serta dapat juga untuk pengobatan umum seperti penyakit pasca stroke, diabetes mellitus autism dan lain-lain.

          Bersamaan dengan peresmian MDR & HOTC, berdasarkan Skep Gubernur Maluku Nomor: 027/044 Tanggal 07 Januari 2016 tentang Surat Pernyataan Hibah Alat Kesehatan Hiperbarik dan Gedungnya pada T.A. 2016, Gubernur Maluku melaksanakan peletakan batu pertama dalam rangka pembangunan Gedung Maluku Diving Rescue & Hyperbaric Oxygen Therapy Center. (DISPEN LANTAMAL IX)

                                      

posted @ Tuesday, March 1, 2016 8:41 PM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page