Current Articles | Categories | Search | Syndication

LANTAMAL IX KEMBALI TANAM TERUMBU KARANG DAN REHABILITASI MANGROVE

    

 

Lantamal IX Ambon bersama PT. Garuda Indonesia dan Persatuan Wartawan Indonesia melaksanakan penanaman dan rehabilitasi Mangrove dan Terumbu Karang di Pantai Batu Kuda, Desa Tulehu Kec. Salahutu Kota Ambon yang diikuti oleh ratusan Penyelam dari TNI/Polri, Intansi Pemerintahan, Diving Club wilayah Ambon dan Masyarakat. Selasa (07/02/2017).

Pada sambutannya, Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Nursinggih Prihartono, S.E., M.Tr (Han) mengatakan secara ekologi terumbu karang bermanfaat sebagai habitat dan sumber makanan bagi berbagai jenis makhluk hidup di laut dan secara sosial bermanfaat sebagai penunjang kegiatan pendidikan dan penelitian serta secara ekonomi terumbu karang merupakan sumber perikanan yang tinggi, karena didalamnya hidup berbagai jenis ikan yang dapat di tangkap untuk kebutuhan pangan manusia.

Lebih lanjut dikatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian terumbu karang yang ada di Indonesia khususnya di wilayah Maluku, mengingat kelangsungan kelestarian terumbu karang secara tidak langsung akan berdampak pada kelangsungan kehidupan komunitas yang ada di daerah pesisir. Selain itu manfaat pohon mangrove dapat berfungsi melindungi pantai dan daerah pesisir dari ombak besar, karena hutan Mangrove dapat memperkecil energy ombak yang menyebabkan abrasi pantai dan kerusakan sekitarnya.

Pada kesempatan itu pula, Direktur SDM dan Umum PT. Garuda Indonesia Sari Suharso menyampaikan bahwa kegiatan yang diselenggarakan sebagai wujud kepedulian dan komitmen PT. Garuda Indonesia terhadap aspek pelestarian alam dan lingkungan lebih jauh lagi komitmen kami sebagai badan usaha milik negara yang tidak hanya berorientasi bisnis semata. Telah kami wujudkan melalui berbagai kegiatan Corporate Social Responsibility dan program kemitraan serta bina lingkungan di bidang pelestarian alam dan lingkungan sebelumnya.

Kegiatan itu juga menjadi bagian dari Sinergi PT. Garuda Indonesia dengan Persatuan Wartawan Indonesia dalam memperingati hari Pers Nasional tahun 2017 dengan memberikan bantuan konservasi terumbu karang dan penanaman mangrove di Selat Ambon. Seperti kita ketahui bahwa terumbu karang merupakan salah satu potensi sumber daya laut yang sangat penting di Indonesia dan menjadi salah satu sumber pendapatan utama nelayan, terumbu karang juga mempunyai estetika sangat tinggi yang dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata yang dapat meningkatkan devisa Negara. (DISPEN LANTAMAL IX)

posted @ Saturday, February 11, 2017 5:51 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page