View Article

Current Articles | Categories | Search | Syndication

LANTAMAL IX PERINGATI HARI KESAKTIAN PANCASILA 1 OKTOBER 2018

     
 

Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2018 di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal IX) Ambon. Senin (01/10/2018) pagi.

            Upacara berlangsung khidmat dipimpin Komandan Upacara (Danup) Letkol Laut (P) Gunawan Hutauruk yang sehari – hari menjabat sebagai Pabanrenpuan Potmar Lantamal IX dan diikuti oleh peserta upacara seluruh personel militer Lantamal IX serta Prajurit Yonmarhanlan IX Ambon dan juga PNS Lantamal IX.

Pada rangkaian upacara, Komandan Lantamal IX selaku Irup memimpin mengheningkan cipta dan membacakan teks Pancasila yang diikuti oleh pasukan upacara. Selain itu, dilaksanakan pembacaan Undang – Undang Dasar 1945 oleh petugas upacara.

            Ini yang berbeda pada pelaksanaan upacara Hari Kesaktian Pancasila, dalam rangkaian upacara dilaksanakan pembacaan Ikrar yang berbunyi :

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya :

Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara;

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nila-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Upacara juga diikuti oleh sejumlah pejabat teras jajaran Lantamal IX diantaranya Asrena Danlantamal IX Kolonel Laut (S) Dodik Pujiargo, Asintel Danlantamal IX Kolonel Laut (KH) Yus Harianto, Aspers Danlantamal IX Kolonel Laut (S) Mukti Gilang Mulyawan, Aspotmar Danlantamal IX Kolonel Marinir Nanang Purwoko dan para Kadis/Kasatker Lantamal IX. (DISPEN LANTAMAL IX).


posted @ Friday, October 5, 2018 12:16 AM by Dispen Lantamal IX

Previous Page | Next Page